November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Stop Penipuan Online!

By admin - Tue Nov 06, 4:22 pm

Penipuan online merupakan hal yang paling sering dijumpai di dunia maya. Penipuan online juga lah yang menjadikan banyak konsumen merasa ragu dan takut untuk melakukan transaksi secara online. Tetapi di lain pihak, bisnis online adalah salah satu pelaung bisnis yang sangat menjanjikan. Banyak sekali peluang usaha yang bisa Anda raih dan yang menjanjikan keuntungan yang tinggi. Nah, daya tarik utama dari bisnis ini adalah besarnya keuntungan yang ditawarkan.

Penipuan onlineMudah dijalankan tetapi resikonya juga mudah untuk mengancam usaha yang Anda rintis. Karena kemudahan inilah yang kemudian dimanfaatkan segelintir orang yang memanfaatkannya untuk hal-hal negatif, yaitu untuk penipuan. Usaha melalui dunia maya memang rawan sekali penipuan. Salah satu faktor munculnya penipuan ini adalah karena terlalu mudahnya mengoperasikan pemasaran. Karena hanya bermodalkan jaringan internet saja, semua orang sudah bisa menggunakan website, situs jejaring social, blog, dan lain sebagainya. Nah bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, kemudahan itu dimanfaatkan untuk registrasi data pemilik blog, website atau akun jejaring social yang bisa dipalsukan. Jadi, karena menggunakan data diri yang palsu maka jejak kejahatan mereka juga sulit untuk ditemukan. Berikut ini beberapa jenis penipuan yang seringkali ditemui oleh para pelaku usaha online:

Penipuan online yang pertama adalah mendapatkan konsumen yang mengaku sudah mentransfer dana untuk pemesanan barang tetapi ternyata uang tersebut belum masuk ke dalam rekening Anda. Nah untuk menghindari penipuan ini, Anda bisa mewajibkan konsumen untuk mencantumkan bukti pembayaran yang sudah mereka lakukan. Kemudian Anda juga harus mengecek ulang rekening Anda apakah dana tersebut sudah masuk ke rekening bisnis Anda atau belum. Segera kirimkan pesanan konsumen jika mendapat kesesuaian antara dana yang masuk ke rekening dengan bukti yang Anda terima.

Penipuan yang kedua, jangan mudah terbujuk pada konsumen yang pesan barang dalam jumlah yang banyak tetapi hanya membayar uang muka. Kemudian mereka akan melunasi sisanya setelah barang dikirim. Sekali lagi, jangan pernah terbujuk rayuan seperti ini. Karena yang banyak terjadi biasanya mereka langsung kabur setelah mendapatkan barang tersebut. Jadi, sebaiknya Anda memintanya melunasi terlebih dahulu sebelum barang dikirim.

Penipuan online yang ketiga adalah waspadai penyewaan hosting atau domain yang ada di internet. Karena untuk menjalankan usaha secara online, Anda harus benar-benar berhati-hati untuk memilih situs yang menyewakan hosting dan domain. Karena ada beberapa situs yang merupakan penipuan. Misalnya ketika Anda sudah mentransfer tetapi hosting atau domain yang Anda gunakan belum diperpanjang juga. Nah, Anda harus benar-benar hati-hati. Pastikan memilih yang sudah mempunyai reputasi cukup bagus di dunia online. Telitilah terlebih dahulu alamat website lengkapnya melalui google dan juga lihat respon atau testimony konsumen yang ada di website tersebut.

Nah setelah Anda mengetahu beberapa teknik penipuan yang seringkali berkeliaran di dunia maya, maka Anda harus engan hati-hati menyisir apa yang tidak boleh Anda ikuti dan mana yang aman. Dengan begitu, usaha online Anda akan lebih aman dari segala bentuk penipuan yang ada. Tetapi ingat, yang merasa takut dengan penipuan bukan hanya Anda sebagai produsen saja tetapi juga para konsumen Anda. Pastikan juga Anda memberikan pelayanan yang terbaik dan yakinkan konsumen bahw ausaha Anda bukanlah penipuan. Anda bisa memasang testimony konsumen lain di dalam website untuk meyakinkan calon konsumen. Selain itu, cantumkan informasi usaha dan alamat serta nomor telpon yang bisa dengan mudah dihubungi. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS