November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Social Marketing dan Cara Tepat Penerapannya

By admin - Thu Apr 25, 4:32 pm

Social marketing adalah salah satu cara yang dilakukan para pelaku usaha untuk memasarkan usaha-usahanya. Social marketing juga mampu digunakan untuk memperkuat citra baik perusahaan di mata para calon konsumen. Tujuan awal dari strategi ini memang untuk memberikan pendidikan pada masyarakat dan tidak bertujuan komersil. Tapi ternyata dengan tujuan seperti itu justru memberikan efek yang cukup besar untuk bisa membangun kepercayaan para calon konsumen. Jadi, yang kita maksud dengan social marketing sendiri merupakan cara kita untuk mampu melakukan aktivitas sosial untuk kepentingan pemasaran produk Anda. Jadi, untuk berhasil dalam strategi ini, Anda harus mengedepankan nilai-nilai sosial dan juga ketulusan untuk bisa melihat permasalahan sosial. Inti dari hal ini merupakan bagian dari strategi marketing yang Anda terapkan.

Social marketingUntuk perusahaan-perusahaan besar, biasanya mereka memberikan bantuan kemanusiaan melalui program CSR (corporate social responsibility) untuk bisa mengikat lebih banyak tingkat kepercayaan dan simpati masyarakat. Contoh nyata yang bisa kita lihat adalah peran perusahaan-perusahaan ketika terjadi bencana alam. Ketika bencana alam, banyak perusahaan besar yang seolah berlomba-lomba untuk memberikan bantuan pada korban dan juga mempromosikan brand perusahaan mereka. Biasanya dari produk yang dijual, diambil berapa persen dari hasil penjualan untuk kemudian dialokasikan untuk dana kemanusiaan.

Social marketing yang dilakukan masih berhubungan untuk menciptakan brand image perusahaan itu sendiri. Jadi karena adanya citra yang baik dari perusahaan tersebut akan membuat konsumen sadar dan senang untuk membeli produk-produk dari perusahaan tersebut, perusahaan yang mempunyai citra bersahabat dan peduli dengan kondisi sosial. Dan sebaliknya, jika ada konsumen yang melihat suatu perusahaan sudah mengalami cedera secara sosial, maka konsumen juga enggan untuk membeli produk dari perusahaan tersebut.

Social marketing akan berhasil jika pelaku usahanya memperbanyak porsi marketing horizontal, yaitu strategi dari individu ke individu. Salah satunya contohnya yaitu dengan membuat situs website agar bisa lebih mudah berinteraksi dengan para konsumennya. Jadi sebagai pemilik sebuah usaha, Anda sebaiknya juga bisa membuktikan bahwa perusahaan Anda mempunyai peran nyata terhadap lingkungan sosial. Jadi, konsumen juga memberikan simpati yang cukup besar terhadap perusahaan Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS