November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Sistem Franchise dan Strategi Marketing yang Tepat

By admin - Thu Nov 08, 4:47 pm

Sistem franchise memang masih menjadi salah satu jenis usaha yang paling diminati oleh masyarakat luas. Sistem franchise diminati karena tidak mempunyai resiko yang tinggi. Kondisi perekonomian yang semakin membaik di Indonesia juga merupakan salah satu pendorong munculnya berbagai macam produk baru dan bisnis baru di Indonesia. Produk baru tersebut kebanyakan dipasarkan dengan sistem franchise. Karena masyarakat yang sudah mulai banyak mengenal sistem franchise dan menimbang untung-ruginya, sekarang segala informais tentang sistem franchise ini mulai banyak dilirik oleh masyarakat luas.

sistem franchiseMasyarakat sebagai konsumen juga saat ini lebih tertarik untuk membeli produk dengan brand franchise. Hal inilah yang kemudian bisa memudahkan para franchisee dan franchisor untuk memasarkan produknya. Citra merk atau brand image yang ditawarkan merupakan sebuah keunggulan yang bisa diberikan pada konsumen. Sehingga anda sebagai pelaku usaha sebaiknya tidak salah memilih strategi pemasaran untuk memperluas dan mempercepat pemasaran produk Anda dengan sistem franchise. Berikut ini beberapa strategi marketing yang bisa anda gunakan untuk memasarkan produk dengan sistem waralaba atau franchise:

Sistem franchise ini bisa dilakukan dengan strategi marketing yang pertama, yaitu dengan memberikan keunggulan produk yang seang bersaing. Sudah menjadi rahasi umum jika konsumen akan menggemari produk yang memberikan nilai lebih untuk dirinya. Untuk itu, Anda harus bisa membuat produk yang baru an sulit untuk ditiru oleh para pesaing Anda yang lain. Jika perlu, Anda bisa menerapkan strategi diferensiasi produk, kemudian fokuslah untuk mengerjakan segmen pasar tertentu untuk bisa membidik target konsumen yang sudah anda tentukan sebelumnya. Nah, dengan begitu, konsumen tidak akan berpaling ke produk lain karena sudah percaya pada produk Anda. Inilah yang kemudian disebut sebagai konsumen loyal.

Strategi yang kedua adalah dengan memperkuat produk. Anda bisa memenangkan pasar jika anda bisa memperkuat merk produk anda. Karena di pasar, tingkat persaingan semakin ketat dan padat. Jadi, kekuatan merk atau brand bisa Anda jadikan sebagai modal utama yang bisa membawa Anda pada kemenangan di pasar. Untuk itulah, Anda harus bisa benar-benar menjaga citrai baik brand atau merk Anda. Berikanlah pelayanan yang terbaik pada konsumen Anda. Pelayanan terbaik merupakan salah satu strategi yang secara tidak langsung bisa membangun loyalitas konsumen anda. Sehingga jika Anda sudah bisa memenangkan hati pasar, Anda juga akan lebih mudah untuk menjalankan promosi dari mulut ke mulut dengan lebih mudah. Karena jika sudah banyak konsumen yang loyal, maka proses marketing akan berjalan dengan sendirinya.

Sistem franchise juga bisa dilakukan dengan strategi yang ketiga, yaitu dengan membuat rencana marketing yang lebih kreatif. Selain dengan memberikan produk dan pelayanan yang bagus, Anda juga harus bisa memasarkan produk dengan strategi yang kreatif. Karena pemasaran yang kreatif bisa menciptakan daya tarik tertentu untuk para konsumen. Anda bisa melihat ide-ide kreatif yang mulai muncul di pasaran, antara lain usaha franchise yang dijalankan dengan both atau gerobak yang cantik an menarik, mencantumkan logo dan nama brand dan juga baju seragam. Sehingga bisnis yang dijalankan dengan sistem ini akan terlihat lebih menonjol dan lebih menarik daripada usaha-usaha yang lain yang bukan kemitraan.

Nah dengan strategi marketing tersebut, maka produk yang anda pasarkan bisa berlipat lebih laris daripada jika anda menggunakan metode tradisional. Jadi, sistem ini akan menghindarkan Anda dari resiko gulung tikar.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS