November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Siapkan Generasi Penerus Bisnis dari Kecil

By admin - Thu Sep 26, 4:25 pm

Generasi penerus bisnis pastinya akan menggantikan Anda untuk menangani bisnis Anda di masa yang akan datang. Generasi penerus bisnis ini harus mulai Anda siapkan dan latih sejak dini. Tetapi sayangnya masih banyak pelaku usaha yang belum bisa mewujudkan hal ini karena ternyata generasi penerus yang sudah ditunjuk belum siap mewarisi sebuah usaha dari orang tuanya. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan usaha menjadi sepi bahkan gulung tikar di tangan generasi penerusnya.

Generasi penerus bisnisNah untuk mengantisipasi kemungkinan buruk tersebut, Anda sebaiknya mulai mempersiapkan generasi penerus Anda sejak dini. Dalam hal ini Anda bisa mnunjuk putra-putri Anda, saudara kandung Anda atau tim yang Anda percayai. Caranya adalah:

  • Ajarkan tanggung jawab dan disiplin. Ini merupakan langkah awal yang harus Anda tetapkan. Anda harus bisa mengajarkan bagaimana caranya bertanggung jawab dan membangun kedisiplinan. Caranya bisa dengan meminta anak Anda untuk membereskan setiap mainan yang sudah mereka gunakan dan mengembalikannya ke tempat semula. Sedangkan untuk mengajarkan dan membiasakan anak disiplin, Anda bisa menerapkan jam belajar. Hal ini bertujuan agar anak Anda terbiasa disiplin dalam mengerjakan pekerjaan sesuai target.
  • Ajarkan ilmu marketing semenjak dini. Generasi penerus bisnis Anda mungkin masih dalam usia muda. Tetapi hal itu tidak menjadi halangan untuk mengajarkan ilmu marketing, yang tentu saja dimulai dari hal yang sederhana. Misalnya dengan menanyakan mana kemasan produk yang menarik, mana baliho iklan yang paling bagus, serta tanyakan alasan mereka memilih desain tersebut.
  • Ajak anak Anda ke lingkungan kerja Anda. Hal ini bertujuan untuk membuatnya familiar dengan kondisi perusahaan Anda yang nantinya akan mereka pimpin. Jadi anak Anda mempunyai gambaran tentang dunia usaha yang sebenarnya. Perkenalkan juga tugas utama Anda, bisnis apa yang sedang Anda geluti dan kembangkan, bagaimana kondisi tempat kerja Anda, dan hal penting yang lain. Dengan ini Anda juga bisa menanamkan ketertarikan pada anak Anda.
  • Bimbinglah untuk bernegosiasi. Sesekali Anda bisa mengajaknya bermain ‘penjual dan pmebeli’. Ajaklah anak Anda berkomunikasi dan bernegosiasi berdasarkan peran masing-masing. Selain itu, Anda juga bisa menunjukkan cara bagaimana bernegosiasi dengan konsumen.
  • Ajarkan tentang kegagalan. Generasi penerus bisnis juga harus memahami sisi resiko dalam menjalankan sebuah bisnis. Karena calon pemimpin harus siap, sigar dan tanggap dalam menghadapi berbagai kondisi. Resiko kegagalan selalu ada di usaha jenis apapun, baik usaha kelas besar maupun kecil. Untuk itu, jika anak Anda mengalami kegagalan, segeralah beri motivasi agar bangkit dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Petik manfaat dari artikel ini dan semoga Anda bisa mempersiapkan generasi penerus Anda dengan lebih mudah sekarang. Salam sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS