November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Sharp Positioning Sangat Menentukan dalam Usaha

By admin - Wed Jan 04, 2:25 pm

  • Comments Off on Sharp Positioning Sangat Menentukan dalam Usaha
  • 594 views
  • Email
  • Print

Sharp positioning adalah cara cerdas untuk menempatkan bisnis atau usaha Anda dalam pasar. Sharp positioning bisa dilakukan dengan mengadakan survey terlebih dahulu sebelum Anda mulai terjun ke pasar. Anda harus mengerti keinginan dan kebutuhan pasar sebelum menawarkan produk Anda. Misalnya usaha yang mengarah pada pasar perempuan, misalnya kosmetik. Sebagai brand yang dibuat untuk perempuan, sejatinya sebuah produk kosmetik tak mengalami kesulitan dalam meraih pasar perempuan. Namun, pasar kosmetik yang saat ini sudah begitu luas membuat setiap brand kosmetik harus lebih cermat dalam memosisikan diri.

Untuk bersaing dalam pasar perempuan, Anda harus berfokus pada positioning dan membangun komunitas. Berangkat dari kata care, produk Anda harus mampu menguatkan esensi brand-nya sebagai skincare make-up yang selalu peduli pada konsumennya dengan peduli pada kulit dan pada kehidupannya. Bagaimanapun, penampilan yang menarik tentu akan menunjang profesionalitas di dunia kerja. Jadi dalam promosinya, Anda harus menjelaskan perbedaan antara skin care make up dengan decorative make up agar pasar semakin tertarik. Misalnya Anda menjelaskan bahwa berbagai komponen dalam produk yang Anda jual mengandung bahan perawatan kulit, seperti SPF15, antipolutan, antioksidan, moisturizer, dan lain sebagainya.

Sharp positioning sangat dibutuhkan agar target konsumen tercapai dengan tepat dan memuaskan. Target konsumen kosmetik adalah perempuan profesional muda, yang membutuhkan tempat untuk saling berbagi informasi dan berjejaring. Strategi paling efektif untuk merengkuh pasar perempuan sekaligus memenuhi kebutuhan mereka adalah membangun komunitas melalui social media, seperti Facebook, Twitter, dan YouTube. Sebagai platform strategi dalam merebut hati wanita, brand yang Anda usung harus mengangkat apa yang disebut E2C, yaitu Engagement, Evangelism, dan Conversation. E2C ini sudah diterapkan dengan tepat oleh produk kosmetik Caring Colours. Melalui program marketing public relations, Caring Colours mencoba untuk selalu terlibat (engage) dalam setiap kehidupan wanita. Kegiatan seperti demo make-up, membuka booth di berbagai acara, serta mengadakan seminar dan gathering adalah beberapa aksi yang mereka lakukan.

Caring Colours juga mencetak beberapa pewarta produk (evangelist), dengan mengadakan Young Caring Professional Award (YCPA). Mereka yang terpilih adalah para perempuan profesional dan entrepreneur muda yang memiliki perjalanan karier dan pencapaian yang menarik. YCPA Ambassador bertindak sebagai brand personality builder. Mereka tidak hanya menginspirasi orang-orang di sekitar mereka, tetapi juga masyarakat luas.

Sharp positioning yang Anda bangun harus tepat guna dan menyajikan informasi yang menarik mengenai karier, wirausaha, kecantikan, fashion, dan tentunya mengenai kehidupan pribadi, melalui community blog(conversation). Jadi, ciptakan bahwa kosmetik dan kecantikan itu bukan hanya tentang make up tebal, tetapi juga sehat dan ditunjang dengan kemampuan survive. Kembali ke produk Caring Colours yang mempunyai ambassador YCPA yang juga pendiri JustMine Pisang Ijo, menjawab sendiri pertanyaan para Caringlova tentang kewirausahaan. Caringlova adalah sebutan untuk para pengguna Caring Colours.

Dengan pengembangan inilah pada akhirnya, Caring Colours adalah wadah untuk giving back. Mereka bisa sharing apa saja yang bisa dibagikan kepada konsumen. Mereka mendorong para konsumen untuk membuka usahanya sendiri sehingga konsumen tidak hanya membeli produk dan memakainya, tetapi juga mendapatkan added value dari berbagai kegiatan ini. Jadi, dengan memberikan pelayanan tambahan dan gratis seperti ini secara otomastis akan membantu meningkatkan kepercayaan konsumen. Jika konsumen sudah percaya dengan brand produk Anda, maka mereka juga akan dengan sendirinya merekomendasikan produk Anda kepada teman-teman dan orang-orang yang mereka kenal.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Sharp Positioning Sangat Menentukan dalam Usaha