December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Seberapa Pentingkah Sertifikat Halal bagi Bisnis Makanan?

By - Thu Oct 16, 8:37 am

Sertifikat halal untuk usaha makanan dan minuman merupakan satu hal yang tidak boleh terlewatkan. Sertifikat halal ini harus ada untuk semua jenis bisnis kuliner. Masyarakat Indonesia sangat serius dalam hal kehalalan makanan dan minuman yang mereka beli dan konsumsi. Itulah yang harus Anda pikirkan dengan matang sebelum memutuskan untuk memulai bisnis kuliner. Masyarakat Indonesia akan memastikan dengan betul apakah makanan dan minuman yang mereka konsumsi setiap hari halal atau tidak.

Sertifikat halalTetapi masih banyak pelaku usaha bisnis UKM yang acuh terhadap makanan dan minuman yang mereka produksi dan jual. Walaupun Anda sudah yakin bahwa semua bahan yang Anda gunakan halal dan aman, tetapi konsumen juga masih membutuhkan bukti tentang kehalalan produk Anda. Ada juga bahan makanan yang aman ternyata belum halal. Hal inilah yang akhirnya berpengaruh pada laku atau tidaknya produk yang Anda jual.

Sertifikat halal untuk bisnis makanan dan minuman ini adalah hal pertama yang harus diperhatikan dengan benar. Jenis bisnis apa yang akan Anda pilih sampai target market yang akan Anda bidik juga harus menjadi perhatian utama yang harus Anda perhatikan. Kembali lagi ke sertifikat HALAL, sebenarnya sertifikat HALAL ini tidak hanya untuk kalangan Muslim saja tetapi juga untuk sudah menjadi lifestyle masyarakat Indonesia dan Internasional. Jika Anda ingin membuka bisnis makanan dan minuman, maka ini adalah hal terpenting yang harus Anda miliki.

Sertifikat HALAL adalah fatwa tertulis oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang sudah menyatakan bahwa suatu makanan dan minuman tertentu sudah HALAL dan sesuai dengan syariat Islam. Sertifikat halal ini lah yang nantinya akan berlanjut dengan pemberian label HALAL. Label HALAL inilah yang akan menjadi patokan masyarakat untuk memilih produk halal mana yang akan mereka beli dan konsumsi. Dengan adanya label halal ini maka konsumen sudah merasa yakin bahwa makanan dan minuman yang mereka beli dan konsumsi sudah terbebas dari bahan- bahan yang diharamkan. Walaupun tidak semua makanan dan minuman yang tanpa label halal berarti haram, tetapi dengan adanya label halal ini akan memberikan keyakinan dan kenyamanan bagi para konsumen.

Sertifikat halal untuk bisnis makanan dan minuman sekarang ini sudah menyasar semua target market, tidak hanya pada kalangan masyarakat Islam saja. Masyarakat Internasional dengan berbagai macam agama juga ikut beramai- ramai membeli produk yang berlabel halal. Itulah mengapa pelabelan ini sangat penting bagi usaha Anda. Paling tidak, Anda sudah memberikan nilai plus tentang produk Anda ke seluruh target market yang Anda bidik. MUI sekarangsudah melebarkan sistem pelabelan ini menjadi sertifikat halal Internasional.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513