November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Sambut Tahun Baru dengan Keuangan Lebih Baik

By admin - Thu Jan 05, 3:31 pm

  • Comments Off on Sambut Tahun Baru dengan Keuangan Lebih Baik
  • 497 views
  • Email
  • Print

 

Sambut tahun baru dengan keuangan lebih baik akan menghilangkan keraguan dan ketakutan Anda dalam menghadapi tantangan di tahun baru. Sambut tahun baru dengan keuangan lebih baik biasanya diiringi dengan pertanyaan seputar financial. Misalnya, apakah kondisi finansial Anda juga ikut berubah menjadi lebih baik lagi? Jika di tahun 2011, keuangan Anda cenderung morat-marit bahkan cenderung konsumtif, tak ada salahnya menyusun resolusi baru agar tak berulang tahun depan. Untuk memulai tahun, resolusi keuangan perlu masuk daftar dalam resolusi rahun baru. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan Anda lebih baik lagi mulai 2012 ini.

Cara pertama adalag dengan mengevaluasi kembali anggaran Anda. Cek kembali anggaran rumah tangga dan pribadi Anda selama setahun kemarin. Perhatikan baik-baik apakah semua hal yang dilakukan dan mengeluarkan bugdet yang tak sedikit ini benar-benar dibutuhkan dan bermanfaat? Jika anggaran Anda tahun lalu benar-benar membengkak maka sebaiknya "rem" keinginan ini sementara waktu untuk mengembalikan anggaran Anda pada jalur yang tepat. Salah satu anggaran yang bisa dibatalkan atau dikurangi adalah anggaran seperti berlangganan majalah yang tidak terlalu dibutuhkan, mengurangi jadwal ke salon, mengurangi makan di restoran dan lainnya. Hal-hal kecil seperti ini, jika banyak dilakukan maka bisa menambah penghematan besar untuk jangka panjang keuangan Anda.

Sambut tahun baru dengan keuangan lebih baik dengan memiliki rekening jangka panjang juga sangat penting. Berapa banyak uang di tabungan yang sudah Anda habiskan setahun terakhir ini? dan berapa lama pula waktu yang dibutuhkan untuk mengisi rekening ini kembali? Untuk menghindari mudahnya mengambil uang tabungan dari bank dan menutupi kekurangan uang kebutuhan Anda maka tak ada salahnya untuk membuka tabungan jangka panjang yang tidak bisa diambil sewaktu-waktu. Selain itu berikanlah "beban" dalam pikiran Anda untuk melakukan penghematan dalam anggaran, sehingga Anda tak mudah untuk mengutak-atik tabungan.

Cara ketiga adalah tinjau kembali tagihan Anda. Buatlah daftar panjang utang kartu kredit Anda. Kemudian atur dan buatlah jadwal pembayaran terencana yang disesuaikan dengan anggaran Anda. Di tahun baru, sebaiknya prediksi semua hal yang akan dibeli serta daftarkanlah juga beberapa kebutuhan tagihan bulanan seperti pembayaran pajak, listrik atau telepon ke dalam daftar tersebut agar anggaran Anda tetap terencana dan berada pada jalur yang benar.

Sambut tahun baru dengan keuangan lebih baik juga harus dengan memperhitungkan penghasilan tambahan. Untuk mendapatkan tambahan anggaran dan memenuhi semua kebutuhan Anda, maka jalan lain yang bisa dilakukan adalah menambah pemasukan uang Anda. Jika dalam waktu dekat Anda belum mendapatkan tambahan atau kenaikan gaji, maka tak ada salahnya untuk melakukan pekerjaan sampingan atau berwirausaha kecil-kecilan untuk menambah penghasilan.

Selain itu, Anda juga pintar mengatur aliran uang kas yang keluar. Pengaturan arus kas yang baik dapat menghindari Anda dalam kesulitan keuangan, baik keuangan secara global (Perusahaan dan Bisnis) atau keuangan di dalam kehidupan keluarga Anda. Karena pribadi yang bijak adalah seorang yang mampu mengendalikan arus kas dalam kehidupan keuangannya. Idealnya, sehari-hari Anda harus mempunyai uang kas yang cukup untuk minimal tiga bulan kedepan tanpa mengurangi gaya hidup Anda. Makah al inilah yang bisa disebut sebagai kebebasan financial. Ada banyak pandangan y6ang mengatakan bahwa pengeluaran kita harus ditekan semaksimal mungkin. Sebenarnya, hal ini merupakan kesalahan yang sangat fatal. Sebenarnya bukan pengeluarannya yang harus kita irit-irit tetapi kita harus meningkatkan pendapatan kita semaksimal mungkin. Untuk itu, bekerja keraslah untuk meraih mimpi Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Sambut Tahun Baru dengan Keuangan Lebih Baik