November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Saham: Ketahui Jenisnya

By admin - Thu Dec 20, 4:51 pm

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang paling tinggi tingkat keuntungannya. Investasi saham yang ada di pasar saham ada banyak sekali. Nah jika anda ingin berinvestasi di bidang saham, sebaiknya Anda focus pada saham-saham yang berhubungan dengan komoditas. Kenapa? Karena komoditas masih akan menjadi primadona di Bursa Efek Indonesia sampai 5 tahun mendatang. Lalu apa saja saham komoditas yang bisa Anda lirik? Antara lain minyak sawit mentah (crude palm oil/ CPD) dan batubara. Kedua komoditi ini masih menjadi unggulan atau favorit karena masih menjanjikan peluang keuntungan yang besar. Jadi, siap-siap untuk mengincar saham di perusahaan-perusahaan komoditas ini.

Investasi sahamTetapi sebenarnya tidak selalu saham komoditas, karena ada saham terkait infrastruktur yang juga menjadi favprit untuk dikoleksi. Misalnya saham semen. Mengapa harus semen? Karena sampai beberapa tahun mendatang, akan banyak sekali proyek infrastruktur yang akan digarap pemerintah maupun swasta. Tentu saja Anda juga harus tanggap pada situasi ini.

Investasi saham ketiga yang menjadi favorit adalah saham di sector property. Jika Anda tertarik dengan saham ini, ada satu proyeksi baik yang mengikuti jenis saham ini, yaitu Alam Sutera (ASRI). Saham di sector properti menjadi menguntungkan mengingat harga tanah yang cenderung akan selalu meningkat dan juga kebutuhan akan rumah juga kan terus-menerus tumbuh. Jadi, tidak salah jika saham property menjadi salah satu saham yang paling menggiurkan.

Jenis saham yang keempat adalah saham perusahaan consumer goods. Mengapa harus berinvestasi di perusahaan ini? karena kita harus ingat bahwa masyarakat Indonesia sangat konsumtif. Itulah sebabnya saham jenis ini juga menjanjikan keuntungan yang tinggi. Asalkan Anda juga pintar dalam menyeleksi mana saja perusahaan yang bisa melejit sampai beberapa tahun ke depan. Jangan sampai Anda asal memainkan saham salah satu perusahaan tanpa pertimbangan yang matang.

Investasi saham yang kelima yang bisa diambil adalah saham-saham perusahaan perbankan. Tetapi bisa jadi saham jenis ini bukan merupakan prioritas utama. Karena adanya inflasi yang mengancam cenderung membuat sebagian masyarakat menjadi takut dan ragu. Jika inflasi naik, maka suku bunga juga harus naik. Sedangkan jika suku bunganya naik, maka cost of fund nya juga akan naik. Nah, yang terjadi kemudian adalah net interest margin-nya pasti akan tertekan.

Setelah mengetahui beberapa jenis saham, sebaiknya Anda mulai memikirkan saham mana yang cocok dengan Anda, termasuk modal awal, lama investasi, dan lain sebagainya. Karena setiap investasi membutuhkan perencanaan yang matang agar hasilnya juga maksimal. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS