November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Resep belanja hemat di tengah bulan

By admin - Tue Jan 03, 3:37 pm

  • Comments Off on Resep belanja hemat di tengah bulan
  • 623 views
  • Email
  • Print

Resep belanja hemat di tengah bulan ditujukan agar tidak mematikan kebutuhan yang lain. Resep belanja hemat di tengah bulan dapat dilakukan dengan cermat karena krisis ekonomi dunia yang tengah melanda ikut menggiring kaum hawa untuk semakin memperketat budget belanjanya. Pengetatan budget belanja di masa krisis dapat mengantisipasi kebutuhan yang lebih menjadi prioritas.

Berikut adalah beberapa resep yang harus Anda coba untuk berbelanja hemat di tengah krisis global yang mendera. Resep pertama adalah buat daftar belanja. Sebelum pergi, putuskan apa yang Anda perlukan, bukan yang Anda inginkan. Tulis dalam daftar singkat dan jadikanlah daftar belanja tersebut sebagai acuan. Ingat, apa yang Anda perlukan, bukan inginkan. Namun yang terpenting, disiplin pada apa yang sudah Anda tulis. Resep yang kedua adalah persiapkan diri sebelum belanja. Penting untuk mempersiapkan diri sebelum berbelanja, seperti makan sebelum pergi atau membawa kartu diskon / kupon yang dibutuhkan. Selain untuk menghemat perjalanan Anda selama berbelanja, persiapan sebelum pergi juga merupakan waktu tambahan bagi Anda untuk tidak melupakan barang-barang yang seharusnya Anda bawa. Seperti mempersiapkan payung sebelum hujan, memeriksa keadaan rumah sebelum ditinggalkan, serta persiapan lain. Jangan sampai Anda terpaksa kembali lagi ke rumah hanya untuk mematikan kompor yang sebelumnya lupa dimatikan.

Resep belanja hemat di tengah bulan yang ketiga adalah jangan terpengaruh promosi yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Sesampainya di supermarket jangan lupakan daftar belanja yang sudah Anda persiapkan. Hindari membeli barang yang tidak tercantum dalam daftar, terlebih jika keinginginan itu berasal dari hadiah yang ada di balik produk tersebut. Anda memang tidak mencantumkan produk itu dalam daftar belanjaan karena tidak merasa membutuhkannya.

Resep yang ke empat adalah bawa uang secukupnya untuk memenuhi daftar belanja dan mengantisipasi ‘lapar mata’. Jika perlu, tinggalkan saja kartu kredit atau kartu debit. Hal ini bermanfaat jika Anda sulit menahan hasrat berbelanja melebihi daftar belanjaan. Uang pas-pasan dalam dompet akan membantu menahan hasrat itu. Begitu pula dengan meninggalkan kartu kredit atau pun kartu debit. Pasalnya, walau uang yang Anda bawa tidak berlebih, kartu kredit atau debit bisa memudahkan Anda untuk menambah daftar lain dalam daftar belanjaan Anda sebelumnya.

Resep belanja hemat di tengah bulan yang ke lima adalah batasi waktu belanja. Selain efisiensi belanja, Anda juga perlu memperhitungkan waktu selama berbelanja. Semakin lama Anda berkeliling, Anda akan makin tergoda dengan barang yang tidak diperlukan. Selain itu, lekas pulang setelah daftar belanja Anda terpenuhi akan memberi banyak waktu luang di rumah atau mengerjakan aktivitas lain. Resep ke enam adalah jangan membawa anak-anak Anda. Tidak membawa anak-anak akan membantu Anda bersikap disiplin pada daftar belanjaan. Jika membawa anak, Anda harus memasukkan belanjaan ekstra, seperti makanan kecil yang sebelumnya Anda rasa tidak diperlukan. Bukannya bersikap pelit, tapi lebih baik membeli makanan bergizi dan menyehatkan daripada makanan kecil yang banyak mengandung zat berbahaya.

Semua resep di atas akan sangat berguna bagi Anda jika Anda benar-benar melakukannya dengan sangat disiplin. Karena terkadang jika kita menyepelekan satu bagian kecil saja pasti akan membuat semua resep tersebut tercerai-berai dan tidak maksimal hasilnya. Menghemat bukan berarti pelit karena Anda masih mempunyai skala prioritas yang harus didahulukan daripada kebutuhan lain yang sifatnya hanya sekunder.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Resep belanja hemat di tengah bulan