December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Reksadana dan Manajer Investasi

By admin - Fri Jun 22, 8:48 pm

Reksadana dan manajer investasi merupakan satu kesatuan yang tidak boleh dipisah. Reksadana dan manajer investasi sama-sama harus dipilih dengan baik dan benar. Sejatinya, sebelum Anda mmeutuskan untuk menginvestasikan dana Anda di reksadana, Anda harus mampu memperhatikan beberapa poin utama, yaitu sebagai berikut. Poin pertama, tentukan tujuan Anda berinvestasi dan profil resikonya. Anda harus menentukan apakah dana investasi ini mempunyai jangka waktu yang pendek atau panjang dan kemudian bisa disesuaikan dengan karakteristik reksadana.

Reksadana dan manajer investasiBagi investor yang masih muda, sebaiknya mempersiapkan rentang waktu investasi dalam jangka panjang. Resiko yang bisa ditolerir juga harus masuk dalam perencanaan. Apakah ingin tingkat aman yang tinggi atau return yang tinggi. Jika menginginkan return yang tinggi, Anda bisa memilih investasi reksadana saham tetapi Anda juga harus mengetahui bahwa reksadana saham mempunyai resiko yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis reksadana yang lain.

Reksadana dan manajer investasi akan membantu Anda menentukan jenis reksadana mana yang cocok dengan Anda. Misalnya Anda tidak berani mengambil resiko yang terlalu tinggi, maka Anda bisa diarahkan untuk memilih reksadana berbentuk pendapatan tetap. Kemudian jika Anda ingin berinvestasi dalam jangka pendek dan resiko yang rendah, maka Anda bisa memilih reksadana pasar uang. Untuk pilihan yang lain adalah reksadana campuran. Di dalam reksadana jenis ini, resiko yang dimilikinya ada diantara reksadana saham dan reksadana pendapatan tetap. Kemudian tingkat volatilitas resiko investasi juga bisa berkurang. Jadi, semakin besar porsi reksadana saham di dalamanya, maka resikonya juga akan semakin tinggi dan nilai returnnya juga akan lebih tinggi.

Kedua, Anda harus mengetahui secara cermat pengelola reksadana, baik perorangan maupun perusahaan. Hal ini bisa diketahui melalui Prospektus reksadana. Karena dalam setiap prospectus terdapat bab yang menguraikan latar belakang dan pengalaman serta pengelolaan reksadana tersebut. Selain itu, Anda juga harus mengetahui karakter reksadana yang Anda inginkan agar memperoleh gambaran jelas tentang pengelolaan reksadana yang Anda inginkan. Bagi Anda yang masih baru dalam bidang investasi reksadana, mungkin memang Anda akan cenderung kesulitan dalam memilih manajer investasi hanya dari prospectus dan informasi terkait saja. Tetapi paling tidak Anda sudah mempunyai gambaran tentang pengelolaan dana investasi Anda.

Reksadana dan manajer investasi harus sama-sama memperhatikan poin-poin penting sebelum memulai bergelut di dalamnya. Berikut ada beberapa cara untuk menganalisis dan mengukur kecakapan manajer investasi dalam mengelola dana investasi Anda. Berikut adalah beberapa criteria yang harus Anda lihat:

  • Mempunyai reputasi yang baik dan integritas tinggi.
  • Mengimplementasikan prinsip keterbukaan dengan para investornya.
  • Mempunyai jejak rekam atau track record yang baik.
  • Mempunyai kapasitas yang mampu memberikan solusi investasi yang bisa Anda andalkan.
  • Selalu memberikan informasi di seputar industri reksadana kepada para nasabahnya.
  • Kesediaan untuk memberikan konsultasi investasi yang terbaik bagi para investornya.

Karena manajer investasi mempunyai otoritas penuh untuk mengelola investasi Anda, maka Anda harus memastikan sudah memilih yang paling tepat. Terlebih apabila masih awam tentang investasi reksadana, maka alur transaksi pasti sebagian besar ditangani oleh manajer investasi, khususnya dalam menganalisa dan mengambil keputusan. Tentu saja keputusan yang diambil selalu diinformasikan kepada Anda dan memberikan keuntungan kepada Anda, sehingga Anda mendapatkan hasil atau return yang optimal.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS