December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Reksa Dana Saham atau Saham Murni?

By admin - Wed Jun 13, 5:26 pm

Reksa dana saham merupakan jenis reksa dana yang paling tinggi return-nya dan yang paling tinggi resikonya. Reksa dana saham menjanjikan uang konstan yang diimpikan banyak orang. Tetapi untuk bermain di pasar saham memang membutuhkan keahlian tersendiri tentang pasar saham. Nilai investasi dan beberapa jenis teori yang terkait harus Anda kuasai mengingat resiko yang akan menghadang juga sangat tinggi. Untuk mempelajari seluk-beluk tentang sumber daya dan ide-ide, Anda bisa memanfaatkan media online maupun buku. Karena jika Anda sudah mampu menguasai sector ini, maka investasi di pasar saham akan menjanjikan keunggulan dalam jangka panjang.

Reksa dana saham

Selain itu, kewajiban pajak yang harus dibayarkan juga lebih efisien daripada jenis investasi yang lain. Perbedaan antara reksadana saham dan juga saham murni terletak pada tingkat resikonya. Karena jika Anda bermain saham secara murni, maka resiko semakin besar karena dana investasi Anda terkonsentrasi ke pasar saham semua. Jadi, ketika Anda mengalamikerugian, maka akan mengalami kerugian yang sangat besar. Sebaliknya, jika Anda untung, maka keuntungan yang Anda peroleh bisa berlipat-lipat lebih besar. Kemudian untuk reksadana saham sendiri, cenderung lebih aman. Karena dana investasi Anda tidak akan terkonsentrasi semua ke pasar saham. jadi ketika Anda mengalami kerugian, hanya 1% dari uang investasi Anda yang akan mengalami kerugian karena beberapa persen dana investasi Anda akan aman beraada di sector investasi yang lain.

Reksa dana saham membutuhkan kesabaran, waktu dan kemampuan dalam mengambil resiko. Pastikan sebelum Anda memulai investasi ini, Anda sudah memeriksa rasio keuangan dan juga membaca laporan keuangan pertama sehingga Anda mempunyai panduan. Teknik terbaik dalam memilih saham juga harus dipelajari dan jangan pernah lepas dari berita-berita terkini tentang aliran pasar. Hal ini berguna untuk mengetahui nilai riil dari saham sebelum Anda berinvesasi.

Sebelum memulai bertransaksi, Anda harus mengumpulkan data dan informasi dari beberapa sumber yang berbeda, kemudian mempelajarinya dan juga membuat kesimpulan agar Anda bisa menuai hasil yang tinggi di bidang ini. Perhatikan juga pengambilan waktu. Karena pengambilan waktu yang tepat juga akan mempengaruhi nilai keuntungan Anda. Dengan kata lain, Anda bisa dan harus melakukan pembelian pada waktu yang tepat. Karena tidak, Anda juga akan kehilangan dana investasi Anda. Jadi, untuk belajar di pasar saham ini, Anda harus benar-benar mempelajari dan mengerti naik turunnya investasi di pasar saham.

Reksa dana saham juga harus di-handle oleh perusahaan yang tepat. Ketika Anda mempunyai keinginan untuk berinvestasi di dalam investasi jenis ini, Anda seharusnya mampu merinci dan melihat perusahaan yang tepat. Anda bisa memilih dari daftar di Bursa Efek Nasional sehingga Anda bisa memutuskan mana perusahaan yang tepat yang bisa Anda pilih. Dalam memilih perusahaan yang tepat, Anda harus menunjukkan tata kelola perusahaan yang baik dan juga secara konsisten menguntungkan. Jadi, Anda harus memeriksa kinerja perusahaan yang akan Anda pilih dalam kuartal terakhir. Setelah melakukan pemeriksaan ini, maka nanti akan ditemukan perusahaan yang mempunyai profitabilitas dan menunjukkan penjualan yang baik.

Pemesanan keuntungan juga harus Anda pelajari dengan hati-hati. Jadi, istilahnya Anda jangan pernah membiarkan saham Anda “tertidur”. Kemudian Anda harus menjual beberapa persen dari posisi Anda setelah saham Anda mengalami peningkatan. Ini merupakan strategi yang mampu meningkatkan modal. Anda juga sangat tidak dianjurkan untuk memiliki keterikatan emosional terhadap saham Anda karena hal ini akan mempengaruhi pasar.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS