November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Rahasia bisnis waralaba

By admin - Tue May 29, 4:37 pm

Rahasia bisnis waralaba harus benar-benar dipelajari dan dipraktikkan agar bisnis Anda terus berkembang ke arah yang lebih baik. Rahasia bisnis waralaba akan sangat dibutuhkan ketika Anda berniat untuk mewaralabakan produk Anda. berikut adalah beberapa rahasia yang bisa Anda lakukan untuk mewaralabakan usaha Anda. Pertama adalah focus pada satu bidang. Jangan mewaralabakan usaha yang lebih dari satu bidang. Misalnya salon, resto dan karaoke. Karena pengelolaannya akan sulit dan tidak focus.

Rahasia bisnis waralaba

Rahasia kedua adalah tetapkan spesialisasi usaha Anda. Misalnya, menjadikan satu jenis masakan Anda sebagai andalan. Hal ini akan mempermudah pelanggan mengingatnya. Ketiga, lakukan perbaikan dari saran dan kritik konsumen. Cari apa favorit pelanggan, lalu kembangkan menjadi produk baru. Keempat, tetapkan standar kerja. Perusahaan waralaba sangat bergantung pada standardisasi supaya lebih unggul dibandingkan perusahaan konvensional. Kelima, standar peralatan kerja untuk menjaga mutu produk. Hal ini akan memudahkan duplikasi cara kerja, dan pengadaan saat dibutuhkan.

Rahasia bisnis waralaba yang keenam adalah menyiapkan manajemen atau sumber daya manusia dan karyawan yang sesuai. Ketujuh, menetapkan sistem operasional yang dapat dipahami dan mudah dioperasikan dimanapun. Kedelapan, menetapkan standar penampilan tempat usaha, sehingga menarik minat pengunjung. Kesembilan, menciptakan track record usaha yang bagus. Ini untuk menunjukkan bahwa perusahaan Anda sehat dan layak investasi. Kesepuluh, membuat dan menawarkan prospektus kepada calon investor.

Setelah Anda mantap sudah melakukan beberapa rahasia tersebut di atas, segera daftarkan merek produk Anda di Direktorat Jenderal Hak Atas Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM di Jakarta. Waktu terbit Sertifikat Merek adalah 3 tahun setelah didaftarkan. Menurut PP No. 42 Tahun 2007, Anda tidak perlu menunggu sertifikat merek jadi, karena terlalu lama. Yang penting Anda sudah mendapatkan nomor Agenda Pendaftaran Merek, karena nomor inilah yang dicantumkan dalam kontrak franchise.

Rahasia bisnis waralaba ini memang sangat fantastic, tetapi yang masih saja kita lihat bisnis waralaba di pasaran yang berakhir tidak seperti yang diperkirakan. Setelah kita bahas tentang tata cara mewaralabakan bisnis Anda, sekarang saatnya Anda mempelajari tata cara memilih bisnis waralaba yang bagus agar Anda tidak terjerumus pada kekalahan atau kebangkrutan. Pertama adalah modal awal dan royalti waralaba yang cukup tinggi. Hal ini akan mempengaruhi total pendapatan Anda pada akhirnya. Jadi, pikirkan kembali jika Ada memilih waralaba yang biaya investasinya sangat tinggi.

Kedua, biaya bahan baku yang mahal. Untuk Anda bisa tetap berbisnis, kebanyakan pemilik waralaba memaksa para pemegang lisensinya untuk membeli bahan baku dari pensuplai yang biasanya masih ada hubungan 'spesial' dengan si pemilik waralaba. Biasanya, harga yang ditetapkan oleh pensuplai ini lebih tinggi ketimbang harga pasar. Ketiga, kebanyakan pemegang lisensi waralaba tidak punya akses ke pendanaan yang baik. Jadi, jika butuh tambahan modal, kebanyakan pemegang lisensi waralaba harus merogoh koceknya sendiri. Keempat, minimnya control lokasi. Beberapa waralaba punya aturan untuk tidak terlalu banyak membuka tokonya di sebuah kota demi menghindari saturasi pasar dan omzet yang anjlok. Akan tetapi banyak juga waralaba yang membuka toko sebanyak mungkin di sebuah kota demi menggenjot penjualan. Kelima, kurang kreatif. Karena sebuah waralaba biasanya mewajibkan keseragaman. Mulai dari dekorasi toko, papan reklame, produk yang ditawarkan sampai seragam pelayannya harus sama. Keenam, pemilik waralaba kurang mengenal daerah baru. Intinya, jika Anda tidak bisa menemukan lokasi yang tepat untuk membuka waralaba, Anda pasti akan kesulitan, karena si pemilik waralaba pun tidak bisa banyak membantu Anda dalam menentukan lokasi.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS