November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Punya Produk Kerajinan? Ayo Tingkatkan Strategi Marketing Anda

By admin - Thu Nov 29, 4:49 pm

Produk kerajinan memang berbeda dengan produk pabrikan yang diproduksi secara massive. Produk kerajinan ini harus bisa mengikuti perkembangan pasar yang cukup signifikan. Geliat usaha yang sudah ditunjukkan oleh para pengrajin di seluruh Indonesia ini bisa menjadi salah satu kunci sukses yang bisa diraih oleh para pengusaha produk kerajinan. Di Indonesia sudah mulai banyak perajin yang mulai menggeliat dan tidak hanya fokus dalam membuat produk-produk baru yang bernilai seni tinggi tetapi juga mulai aktif memasarkan produknya ke berbagai daerah dan bahkan ke berbagai Negara untuk mendatangkan penjualan setiap bulan.

Produk kerajinanBahkan sekarang ini tidak hanya pengusaha besar yang menargetkan penjualan dengan besar tetapi pengusaha kecil dan menengah. Mereka mulai bersaing dan berusaha untuk memperkenalkan produk unggulannya ke pasar Nasional dan mulai menjangkau pasar ekspor ke berbagai Negara tetangga untuk menjajal peruntungan. Dengan begitu, banyak kesempatan yang akan lebih terbuka lebar. Apakah Anda juga berniat untuk menjalankan bisnis kerajinan Anda sampai tingkat nasional dan Internasional? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Produk kerajinan bisa dipasarkan dengan strategi yang pertama, yaitu dengan berani berkreasi, berinovasi dan juga berkompetisi. Produk kerajinan memang bukan barang kebutuhan primer yang banyak dicari oleh konsumen. Untuk itulah, Anda harus bisa menyiasati bagaimana cara untuk menciptakan keunikan dan ciri khas tersendiri yang kemudian bisa menarik minat calon konsumen. Jadi, walaupun produk yang Anda jual tidak dibutuhkan oleh konsumen setiap hari, tetapi pastikan pangsa pasarnya masih sangat luas. Dengan begitu, Anda bisa mendatangkan banyak transaksi penjualan dalam satu bulan.

Kedua, cobalah untuk mulai sistem konsinyasi. Nah setelah melewati strategi pertama, sekarang saatnya Anda mencoba memasuki pasar ritel dengan menitipkan produk-produk Anda di beberapa gallery, art shop (toko kerajinan) atau toko-toko swalayan. Sistem yang Anda terapkan adalah sistem konsinyasi atau titi jual untuk menjalin kerjasama dengan pata pemilik toko. Dan kemungkinan untung akan lebih banyak Anda dapatkan dengan menjalin kerjasama lebih banyak.

Produk kerajinan juga bisa dipasarkan dengan strategi yang ketiga, yaitu aktif dalam mengikuti pameran dan bazar. Dengan Anda aktif mengikuti event ini, maka Anda bisa memperkenalkan keunikan produk Anda pada masyarakat luas. Dan tidak menutup kemungkinan juga untuk bisa mendapatkan partner bisnis baru. Untuk itu, cobalah untuk bergabung dengan asosiasi pengrajin yang ada di kota Anda untuk mendapatkan informasi tentang jadwal pameran atau event rutin.

Keempat, perhatikan brand produk Anda. Pastikan jika semua produk yang Anda pasarkan sudah terdapa brand. Kemudian optimalkan promosi dengan memanfaatkan bropsur, kartu nama dan juga pamphlet yang bisa menggambarkan kerajinan Anda dengan jelas. Semakin Anda sering mempromosikan produk Anda, maka Anda juga akan lebih besar mendapatkan peluang untuk memperkenalkan produk Anda kepada masyarakat luas.

Kelima, perluas jangkauan pasar Anda dengan peran internet. Selain pemasaran menggunakan media offline, Anda juga harus memanfaatkan media online agar jangkauan pasar lebih luas. Jadi tidak berlebihan rasanya jika sekarang Anda membuka lapak online untuk memperluas pemasaran.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS