December 11 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Produksi Es Krim dari Susu Kedelai

By admin - Tue Dec 11, 4:35 pm

Es krim dari susu kedelai bisa menjadi alternative lain yang sangat menjanjikan bagi Anda. Es krim dari susu kedelai ini tidak kalah lezat dari es krim yang biasa kita beli di luaran. Siapa sih yang tidak suka es krim? Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa sangat menyukai es krim. Es krim mempuanyai rasa yang nikmat dan manis mampu menjadi membangkit mood. Jadi, ketika siapapun diberikan es krim maka tidak aka nada yang menolak. Biasanya es krim terbuat dari bahan dasar susu sapi. Tapi bukankah ada cara lain yang bisa digunakan untuk memperoleh dan mmeproduksi es krim yang berbeda tetapi dengan rasa yang istimewa. Ya, es krim yang terbuat dari susu kedelai. Lalu bagaimana rasa yang dihasilkannya?

Es krim dari susu kedelaiJadi, intinya susu kedelai digunakan untuk menggantikan susu sapi sebagai bahan utama. Proses pembuatannya pun masih sama, yang berbeda hanya bahan bakunya saja. Tekstur es krim yang dihasilkan juga cukup lembut dan tidak mempunyai perbedaan yang signifikan dengan es krim yang terbuat dari susu sapi seperti pada umumnya. Nah, lalau apa perbedaannya? Yang membuat es krim ini berbeda adalah rasa dan aroma kedelainya yang masih cukup terasa. Jadi, es krim dengan bahan dasar kedelai ini bisa membidik pasar yang alergi terhadap es krim dari susu sapi, bisa anak-anak sampai orang dewasa. Selain itu, es krim dari susu kedelai ini sangat cocok untuk Anda yang sedang berdiet lemak. Jadi, bisa merasakan makan enak dan tetap lezat.

Es krim dari susu kedelai dibuat dari 5 komponen penyusun, antara lain ski, krim, gula, air dan stabilizer. Dengan begitu, es krim yang diproduksi bisa dibedakan antara kandungan dan komposisinya. Untuk komposisi yang paling penting dari es krim adalah susu skim dan lemak susu. Nah untuk kadar air yang ada di dalam es krim harus ada sekitar 60% – 62%. Jangan memberikan terlalu banyak air karena akan membuat tekstur es krim menjadi kasar. Sebaliknya, jika air yang diberikan apda adonan terlalu sedikit, maka hasilnya tekstur es krim akan menjadi terlalu padat. Nah agar teksturnya bisa creamy, Anda harus menerapkan ukuran yang sudah teruji, yaitu 60%- 62%.

Bahan baku es krim yang tidak kalah pentingnya adalah lemak. Lemak mempunyai fungsi untuk membuat tekstur menjadi halus dan juga menambah citarasa es krim tersebut. Selain itu, lemak dengan takaran yang pas juga akan mempercantik penampilan es krim itu sendiri.

Es krim dari susu kedelai ternyata memang lebi sehat daripada es krim yang terbuat dari susu sapi. Tetapi selain Anda membuat es krim dari susu kedelai, Anda juga bisa membuat es krim dari bahan lemak tanaman, misalnya palawija atau kelapa. Untuk membuat rasa es krim menjadi manis, gula merupakan salah satu komponen utama yang berfungsi sebagai pemanis dan juga pembentuk tekstur es krim yang lembut dan halus. Selain itu, gula juga mempunyai fungsi untuk meningkatkan kekentalan. Adapun jenis gula yang biasa dipakai untuk membuat es krim adalah sukrosa.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS