November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Produk Lokal dan Strategi Marketing Pendukungnya

By admin - Mon Nov 05, 4:46 pm

Strategi marketing produk lokal dibutuhkan untuk memaksimalkan potensi keusksesan yang akan diraih. Strategi marketing produk lokal akan membantu mengembangkan pertumbuhan UKM di Indonesia. Karena arah UKM di Indonesia sekarang sudah mulai menunjukkan arah yang positif. Ada berbagai macam produk rumahan dan industry kecil dan bahkan bisa menembus pasar Nasional dan Internasional.

Strategi marketing produk lokalNah, di sinilah manfaat strategi marketing. Strategi marketing akan mampu mengangkat produk local ke jangkauan pasar yang lebih luas. Anda sebagai pelaku usaha dituntut untuk bisa lebih aktif untuk membangun jaringan usaha dan juga meningkaykan kreativitas dan kemampuannya untuk mengembangkan sebuah usaha. Sehingga produk yang dijual benar-benar mempunyai kualitas yang bagus dan bisa memenankan persaingan pasar yang ada. Lalu, strategi apa yang bisa dilakukan untuk secara optimal memperkenalkan produk-produknya?

Strategi marketing produk lokal yang pertama adalah dengan melengkapi produk dengan kemasan yang menarik. karena kemasan juga mempunyai daya jual tersendiri. Kemasan yang cantik dan menarik bisa menjadi daya tarik konsumen. Yang pertama kali dilihat oleh konsumen adalah kemasannya. Sehingga kebanyakan mereka memutuskan akan membeli suatu produk atau tidak adalah dengan melihat kemasan yang ditampilkan. Selain tampilan produk yang ditonjolkan, Anda juga bisa memberikan nilai lebih pada produk Anda dengan mengemasnya secara eksklusif dan biasanya nilai jualnya pun akan meningkat. Kemasan eksklusif ini bisa Anda ciptakan ketika ada event-event tertentu, misalnya Lebaran, tahun baru, Natal, dan lain sebagainya.

Strategi yang kedua adalah dengan mengembangkan jaringan pemasaran produk ke pasar modern. Misalnya minimarket, supermarket, mall dan berbagai macam pusat perbelanjaan yang lain. Misalnya dengan mengambil kerjasama yang ditawarkan oleh pusat-pusat perbelanjaan kepada para pemasok local. Ketika Anda mulai membuka industri baru, Anda bisa mencari informasi tentang tawaran kerjasama ini. Karena biasanya manajemen pasar modern akan menawarkan system kerjasama jual putus, private label atau konsinyasi (titip jual. Tetapi sebelum bisa menembus pasar modern, biasanya dilakukan pemeriksaan kualitas produk secara berkala. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk menjaga kualitas produk yang dijual. Untuk itu, Anda harus bisa memastikan bahwa barang Anda mempunyai kualitas yang unggul.

Strategi marketing produk lokal yang ketiga adalah dengan mempromosikan produk melalui event pameran. Event pameran ini akan membantu Anda untuk mendapatkan banyak konsumen. Anda bisa mengikuti pameran-pameran yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun oleh swasta. Pameran ini bisa memperluas peluang kerjasama dan juga mendapatkan calon konsumen yang potensial. Beberapa jenis pameran yang bisa Anda ikuti adalah pameran produk kerajinan, pameran expo daerah, pameran kuliner local, dan lain sebagainya.

Strstegi keempat adalah dengan membuka gerai pemasaran produk UKM. Kementrian Koperasi dan UKM mulai mencanangkan pendirian UKM Mart di seluruh Indonesia. Hal ini ditujukan untuk mengoptimalkan pemasaran produk loka dan juga untuk menampung semua potensi bisnis yang dihasilkan oleh produsen local. UKM Mart ini sebenarnya sistemnya hampir sama dengan warung tetapi lebih menekankan produk local dari penduduk local. Misalnya jika setiap kota atau daerah sudah disediakan UKM Mart ini, maka bisa mendirikan pusat pemasaran produk local yang meliputi produk handycraft, produk makanan dan minuman, fashion dan lain sebagainya. Jadi, nantinya produk local akan lebih mudah untuk dikenal oleh masyarakat luas secara Nasional. Selamat mencoba!

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS