November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Pondasi dalam Ekpansi Bisnis

By admin - Fri Feb 17, 3:44 pm

Ekspansi bisnis dilakukan untuk meningkatkan keuntungan dan pasar. Ekspansi bisnis merupakan salah satu bukti bahwa semua benda di alam semesta harus bertumbuh karena jika berhenti bertumbuh artinya adalah sedang menuju kematian. Sama halnya dengan bisnis, apabila bisnis berhenti bertumbuh artinya sedang gugur. Untuk bertumbuh selalu harus ada ekspansi. Sayangnya tidak semua bisnis yang melakukan ekspansi memikirkan matang-matang serta mempersiapkan dengan serius, akibatnya banyak bisnis yang melakukan over expansion akhirnya malah tutup.

Fondasi pertama yang harus diperhatikan dalam melakukan ekspansi adalah cash. Syarat pertama kiat ekspansi bisnis yang sehat adalah apabila Cash flow bisnis berputar secara sehat. Anda pasti sadar akan kesehatan Cash Flow anda jika Cash flow statements dilaporkan secara mingguan. Semakin konsisten, semakin fantastik hasilnya. Ada empat tes untuk mengetahui kebocoran cash flow, yaitu:

  1. Apakah operating cash Anda positif, artinya Anda tidak perlu suntik modal untuk kegiatan operasional Anda?
  2. Apakah operating cash lebih besar dari profit Anda?
  3. Apakah operating cash lebih besar dari investasi fixed asset?
  4. Apakah operating cash sejalan kenaikan net income?

Ekspansi bisnis

Ekspansi bisnis juga membutuhkan pondasi kedua, yaitu investasi waktu di area yang tepat. Setelah cash flow terkendali, Anda juga harus menentukan break even revenue yang Anda butuhkan untuk menutupi biaya operasional dan cash reserve Anda. Di sini Anda dituntut untuk alokasikan waktu Anda. Pastikan Anda mempersiapkan 80% waktu untuk memperkenalkan bisnis. Menjual, marketing, produksi adalah tempat uang Anda berada. Maka duduk-duduk di balik meja akan membunuh bisnis Anda perlahan-lahan.

Pondasi ketiga adalah disiplin dengan program marketing yang menghasilkan. Jangan terjebak dengan aktivitas yang tidak memberi Anda hasil. Ketahui semua ukuran kesuksesan dari setiap kegiatan Anda. Ukurlah semua strategi pemasaran Anda, salesman Anda, iklan, brosur, promosi, program Anda. Hentika apa saja yang tidak menghasilkan, tingkatkan apa yang sudah berhasil. Jika Anda tidak mencatat skor setiap aktifitas, Anda tidak bisa membedakan apakah Anda menang atau kalah.

Ekspansi bisnis juga sangat tergantung pada pondasi keempat, yaitu investigasi pelayanan prima. Jadi, posisikan semua karyawan atau anggota bisnis Anda adalah customer service. Sehingga jika terjadi sedikit kelalaian atau kesalahan, semua staff di perusahaan Anda bisa mengatasinya dengan baik dan benar. Ingatlah bahwa pelayanan kepada pelanggan adalah nomor satu.

Pondasi kelima adalah focus pada team yang produktif. Carilah karyawan atau staff yang ideal. Jangan berusaha berhemat dengan mengerjakan semua aktivitas sendiri karena tentu saja hasilnya akan berbeda. Sebelum melakukan ekspansi, pastikan Anda mengatahui cara memilih, memelihara dan melatih orang-orang terbaik. Pondasi keenam adalah focus pada kualitas, bukan kuantitas. Karena kenyataannya meningkatkan penjualan dua kali lipat belum tentu membuat cash flow Anda tambah positif. Kuantitas banyak belum tentu mencetak kualitas profit yang positif. Misalnya, Anda melayani 100 customers yang menghasilkan 10 juta dan 10.000 customer yang masing-masing memberi 1 juta. Manakah yang akan Anda pilih? Pasti Anda memilih yang member 100 juta bukan? Itulah yang disebut kualitas.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS