November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Pola Pikir Sebelum Menekuni Bisnis di Internet

By admin - Tue Apr 03, 4:04 pm

Bisnis di internet memang sangat menjamur akhir-akhir ini. Bisnis di internet untuk wilayah Indonesia juga sangat tinggi nilainya. Hal ini membuktikan bahwa tingkat pengguna internet di Indonesia dan tingkat kesadaran akan manfaat internet semakin bertambah. Ada beberapa manfaat utama yang dimiliki oleh bisnis melalui internet yang sangat menggiurkan bagi berbagai kalangan. Manfaat pertama adalah karena bisnis ini mudah dikontrol. Kapanpun dan dimanapun, Anda bisa mengendalikan bisnis anda. Manfaat kedua, bisnis internet terus berkembang seiring meningkatnya penggunaan internet di Indonesia. Ketika pengguna internet semakin banyak, semakin banyak pula pembeli yang suka berbelanja di internet. Manfaat ketiga, bisnis internet bisa dimulai dengan langkah sederhana, seperti ikut program reseller yang tanpa perlu keluar modal besar.

Bisnis di internet

Membahas kemudahan bisnis internet rasanya tidak akan pernah ada habisnya. Banyaknya keunggulan bisnis internet itu juga yang membuat banyak orang tak sabar untuk terjun ke bisnis ini. Biasanya, pertanyaan yang pertama kali muncul ketika seseorang berniat bisnis internet adalah: bisnis internet apa yang akan saya jalankan?  Biasanya kemudian Anda akan cari apa saja jenis bisnis di internet.

Bisnis di internet idenya dapat dicari di beberapa website atau Anda bisa berguru pada orang yang sudah ahli di bidang ini. Kemudian dari ide bisnis yang sudah Anda pilih, kadang ada yang kurang bagus. Sehingga ketika sudah dijalankan jarang mendatangkan sukses besar. Karena itu, untuk mengevaluasi ide bisnis internet yang sudah Anda rancang, silakan jawab empat pertanyaan evaluasi ide bisnis internet Anda. Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah:

  1. Apakah bisnis Anda nantinya memiliki sifat membantu orang lain menyelesaikan masalahnya?
  2. Apakah Anda tahu bagaimana cara mempromosikan bisnis internet Anda?
  3. Bagaimana potensi bisnis internet Anda dalam 5-10 tahun mendatang?
  4. Apakah calon pelanggan Anda mau dan mampu membayar produk yang Anda jual?

Empat poin ini dulu yang perlu Anda jawab. Pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting diajukan untuk mengevaluasi ide bisnis Anda. Dengan demikian, Anda bisa meraba seberapa besar keyakinan Anda dengan ide tersebut. Kalau ada satu poin saja Anda ragu-ragu menjawab, mungkin Anda perlu mengubah ide bisnis Anda.

Bisnis di internet yang sukses juga membutuhkan pola pikir yang berani dan professional. Berikut adalah beberapa pola pikir yang harus Anda terapkan. Pertama, bisnis online tetaplah bisnis. Kita mesti memperlakukan Bisnis
Online layaknya kita sedang membangun sebuah Bisnis Besar. Untuk itu diperlukan proses kerja bertahap agar Bisnis Online kita menjadi besar (bukan instan). Kedua, jika kita terbiasa menerima gaji tetap dari status karyawan/pegawai, maka di bisnis online kita harus terbiasa menerima kenyataan belum berpenghasilan (jika salah dalam berbisnis) atau berpenghasilan kecil hingga besar sekali (tergantung kerja kita). simpelnya Bisnis Online itu ada peluang untung dan ruginya.

Ketiga, jika sebagai karyawan / pegawai kita biasa kerja diatur atasan dan ada aturan main masuk kantor, maka di bisnis online tidak ada orang yang mengatur kita. Andalah Bos bagi diri sendiri. Keempat, berhubung tidak ada yang mengawasi Anda kerja, maka perlu disusun rencana pribadi untuk memilih program Bisnis mana yang akan ditekuni. Fokus dulu pada salah satu program bisnis di internet. Saking banyaknya sumber Penghasilan di
internet, maka pilihlah 1 atau 2 program dulu untuk ditekuni dengan fokus.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS