June 25 2019
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Perusahaan perlu Manfaatkan “Social Media”

By admin - Tue Dec 20, 10:20 am

  • Comments Off on Perusahaan perlu Manfaatkan “Social Media”
  • 849 views

Perusahaan perlu manfaatkan “social network” untuk mengembangkan produk dan pangsa pasarnya. Perusahaan perlu manfaatkan “social network” karena masyarakat sekarang lebih cenderung melakukan sebagian besar waktunya untuk berinteraksi di social network. Social network bukan hanya untuk melakukan promosi tetapi juga untuk mendekatkan sang produsen dengan konsumen sehingga feel-nya lebih dapat serta menumbuhkan rasa percaya pada produk tertentu. Seperti yang dilansir oleh beberapa riset bahwa masyarakat hanya mempercayai iklan sebanyak 14%. Masyarakat mulai pintar untuk melihat celah dan peluang melalui media social network.

Masyarakat sekarang lebih percaya oleh pendapat masyarakat lain daripada iklan yang berdar. Semahal dan sebagus iklan tetapi jika tidak didukung dengan kemampuan produsen untuk mendengar masyarakat serta tidak membangun karakter di dunia maya pasti tidak akan efektif. Social network akan menghubungkan masyarakat yang mempunyai ketertarikan yang sama terhadap suatu produk. Jika di facebook, masyarakat biasa melakukan like untuk fanpage produk yang mereka suka. Sedangkan untuk twitter, cukup dilakukan dengan melakukan mention terhadap produk tersebut.

Perusahaan perlu manfaatkan “social network” untuk mampu mendengar suara para konsumennya. Ini berarti masyarakat akan menyampaikan saran dan kritik langsung ke fanpage yang mereka tuju. Di situ, pihak produsen bisa melakukan riset dan membalas feedback dari konsumen. Produsen yang baik tidak boleh mengacuhkan suara konsumen karena akan mengurangi kepercayaan mereka. Hal ini akan lebih terasa jika perusahaan anda mengeluarkan produk baru. Dari situ, perusahaan akan melihat penilaian konsumen secara jujur.

Selain itu, social network bisa dijadikan patokan untuk melihat seberapa berharganya produk anda di mata masyarakat. Jika anda membuat fanpage di facebook, coba lihat berapa banyaknya masyarakat yang melakukan like. Selain facebook, anda juga bisa melakukan survey melalui twitter. Jika di twitter, masyarakat yang puas maupun yang kecewa dengan produk anda akan melakukan mention. Jika sebagian masyarakat melakukan mention dengan menyertakan kepuasan atas pelayanan dan produk anda, maka orang lain akan penasaran dan kemudian mencoba membeli produk anda.

Perusahaan perlu manfaatkan “social network” untuk meningkatkan kepekaan produsen terhadap kritikan. Masyarakat yang mengkonsumsi produk anda tidak hanya membuat pernyataan positif, tetapi juga pasti ada yang melontarkan kekecewaannya. Misalnya ada beberapa konsumen yang mengatakan bahwa produk anda terlalu mahal, dan lain sebagainya. Hal ini harus segera ditindak lanjuti karena apapun yang diucapkan masyarakat di dunia maya akan berdampak di dunia nyata. Jika terjadi pandangan negative terhadap produk anda, segera lakukan konfirmasi. Anda harus berperan aktif dalam memaparkan penjelasan yang akan memuaskan pelanggan. Jika anda ingin mengetahui respon konsumen yang lain tentang produk anda, buatlah sebuah forum diskusi atau milis.

Forum diskusi atau milis thanya berfungsi sebagai sarana promosi dan lebih dekat dengan pelanggan tetapi juga harus melakukan konfirmasi tentang beberapa isu yang beredar. Misalnya ada isu tentang kenaikan harga produk anda, maka anda bisa membuka diskusi dan memaparkan beberapa alasan sehingga konsumen dapat mengerti dan memahami kondisi produk anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Perusahaan perlu Manfaatkan “Social Media”