December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Perubahan Pasar dan Kesuksesan Pelaku Usaha

By admin1 - Thu Jun 05, 4:39 pm

Perubahan pasar seringkali terjadi karena berbagai alasan. Perubahan pasar ini akan menyaring mana usaha yang layak bertahan dan mana yang harus gulung tikar. Merintis sebuah usaha sekarang ini tidak terlalu membutuhkan modal yang banyak seperti jaman dulu. Karena sekarang ini banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan untuk memulai usaha, seperti memanfaatkan sosial media sebagai ajang promosi, menggunakan sistem Pre Order, Drop Shipping, Reseller, dan sebagainya. Tapi segala kemudahan tersebut hanya akan bertahan sebentar jika tidak dibarengi dengan usaha dan ketekunan untuk memenangkan pasar yang dibidik.

Perubahan pasarJika seorang pelaku usaha tidak bisa memahami apa yang terjadi di pasar dan perubahan apa yang terjadi, maka resiko terbesar adalah gulung tikar. Makanya setiap pelaku usaha, baik skala kecil maupun besar, harus mampu jeli dalam melihat perubahan apa yang terjadi di pasar. Kenapa harus mengetahui perubahan yang terjadi? Karena dengan perubahan tersebut, maka kebutuhan konsumen pun berubah. Dan jika Anda mampu melihat apa yang dibutuhkan konsumen dan memberikan solusi, maka bisnis Anda akan banyak dilirik konsumen potensial.

Perubahan pasar ini juga sebaiknya harus Anda perhatikan betul. Karena setiap perubahan pasti memunculkan perubahan perilaku pasar. Ketika ada perubahan, Anda harus mampu memberikan pelayanan yang paling baik untuk konsumen dan penawaran-penawaran yang menggiurkan sehingga lebih banyak visitor yang tertarik sampai akhirnya menjadi konsumen dan konsumen loyal. Berikan produk atau jasa yang up to date dan tidak ketinggalan jaman. Berikan produk atau jasa yang dibutuhkan konsumen dan yang beda dari yang lain.

Arus modernisasi menjadi salah satu alasan perubahan perilaku masyarakat dan pasar dalam menyikapi sesuatu. Salah satu perubahan yang bisa kita lihat adalah mereka lebih jeli dalam memilih produk atau jasa. Jika dulu mereka seperti tidak punya pilihan lain dan seolah apa yang ada di depannya itulah yang dibeli. Tapi sekarang, masyarakat lebih kritis. Ketika mereka tidak mendapatkan apa yang diinginkan di produk atau jasa A, maka dia akan beralih ke produk atau jasa B dan seterusnya sampai ketemu apa yang benar-benar diinginkannya. Mereka juga lebih berani memberikan kritik dan saran sehingga pelaku usaha harus berperan aktif dalam menyikapinya. Sekarang ini harga miring bukan satu-satunya alasan mengapa suatu produk atau jasa dipilih. Mereka juga menimbang kualitas produk atau jasa yang akan mereka pilih.

Perubahan pasar ini juga sebaiknya tidak mempengaruhi Anda sebagai pelaku usaha untuk hanya terfokus pada aspek produksi saja. Strategi pemasaran adalah hal lain yang juga sangat berpengaruh pada kesuksesan usaha Anda. Strategi branding yang kreatif dan inovatif harus Anda kuasai untuk menarik lebih banyak konsumen.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513