October 22 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Pertumbuhan Perbankan Syariah

By admin - Thu Jan 12, 1:33 pm

Pertumbuhan perbankan Syariah di Indonesia mempunyai potensi yang cukup besar tetapi asset yang dimiliki masih cukup kecil. Pertumbuhan perbankan Syariah pada tahun 2011 mempunyai total asset mencapai Rp 135,9 triliun. Angka ini naik Rp35,64 triliun (35,55 persen) dibanding tahun 2010 sebesar Rp100,26 triliun. Angka itu mencerminkan sekitar 4 persen dari total aset industri perbankan. Perbankan syariah secara nasional masih di bawah 5% dibanding seluruh industri perbankan. Negara lain sudah sekitar 16 persen, dan Indonesia memang yang paling kecil. Karena memang ini adalah industri baru, maka diperlukan sosialisasi lebih lanjut.

Bank Syariah pertama yang mengepakkan sayapnya adalah Bank Muamalat. Bank Muamalat pertama merasakan prosesnya, sosialisasinya, dan pemerintah membantu sosialisasinya. Setelah ada UU Syariah, UU tentang Sukuk, kemudian BI mulai membentuk Dewan Syariah. Pertumbuhan syariah kemudian mulai cepat karena infrastruktur bagus. Jumlah bank umum syariah ada 6 atau 7 dengan Muamalat sendiri, kemudian bank konvensional, yang memiliki divisi syariah, sudah puluhan lebih. Hampir semua bank konvensional membuka bank syariah karena mereka melihat ada market di situ.

Pertumbuhan perbankan Syariah jika dibandingkan dengan bank konvensional memang masih tergolong jauh. Bank konvensional tumbuh 18 persen, sedangkan syariah tumbuh 30 hingga 36 persen. Tetapi walaupun tergolong baru, pertumbuhannya lebih agresif dibandingkan yang konvensional. Ini mencerminkan kalau pasarnya masih besar. Dulu Bank Muamalat mungkin lebih banyak mengedukasi melalui agama, bank halal, dan lain sebagainya. Setelah dilakukan penelitian, masyarakat dalam memilih produk bank yang emosional itu tidak banyak. Yang ber-banking emosional, kecil. Jika rasional dia pindah ke bank lain. Akhirnya sekarang ini Bank Muamalat tidak bisa melakukan sosialisasi secara berbeda. Kampanyenya harus sama dengan bank konvensional, layanannya sama. Yang membedakan ini sesuai nilai syariah tetapi persamaannya dulu yang dijual.

Karena pasar masih 5%, maka persaingannya masih belum ketat. Untuk menghadapi persaingan, Bank Muamalat akan memperkuat dari sisi internal, beberapa infrastruktur, antara lain IT. Cabang akan dibuka sehingga menjadi 570 cabang karena saat ini ada 420 cabang. Tahun ini Bank Muamalat juga akan merekrut karyawan 1.700 orang. Selain itu juga akan memperbaiki ATM yang saat ini ada 500, dan akan terus ditambah lagi. Dari sisi produk, Bank Muamalat juga akan meluncurkan Tabungan Haji Arafah dan kartu visa yang bisa dipakai di seluruh dunia. 
Tidak hanya itu, dalam rangka ulang tahun ke 20, Bank Muamalat juga akan melakukan rebranding, untuk me-refreshke masyarakat bahwa Bank Muamalat sudah melakukan perbaikan IT, SDM dan lain-lain. Tujuanrebranding lebih inklusif. Meski kami tak pernah ekslusif, tapi pihak Bank Muamalat ingin menunjukkan bahwa Bank Muamalat untuk semua.

Pertumbuhan perbankan Syariah hingga 50% untuk asset dan kredit. Jika dibandingkan dengan Bank Konvensional, pertumbuhan ini tergolong sudah tinggi karena rata-rata Bank Konvensional adalah 15-20%. Untuk asset Bank Muamalat sendiri adalah Rp30 triliun per Desember, naik Rp10 triliun dibanding tahun 2010 sebesar Rp21 triliun. Ada aksi korporasi yang akan dilakukan untuk memperkuat modal. Jika mengandalkan dari laba memang terbatas, dan salah satu caranya harus ada setoran dari pemegang saham untuk penambahan modal. Yang kedua, melalui penjualan sukuk subdebt. Nilainya bisa Rp1 triliun yang akan menambah CAR 4-5 persen. Saat ini CAR sekitar 12 persen.

Untuk merambah kapasitasnya, tahun ini Bank Muamalat ingin melakukan listing. Karena walaupun sudah merupakan perusahaan public, tetapi belum listing. Tujuannya adalah agar nilai perusahaan lebih terukur, juga memudahkan pemegang saham jika akan menjual saham. Pemilik saham Bank Muamalat 800 ribu orang dan masih ada kemungkinan untuk bisa menambah modal melalui rights issue.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Pertumbuhan Perbankan Syariah