November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Persiapkan Promosi Terbaik untuk Online Shop Anda

By admin - Mon May 06, 3:27 pm

Promosi online shop bisa sangat berpengaruh pada kesuksesan bisnis Anda. Promosi online shop sangat berpengaruh pada omzet penjualan. Karena dengan menjalankan promosi secara tepat, maka para netpreneur juga bisa lebih mudah menjaring konsumen baru serta bisa memperkuat tingkat loyalitas konsumen lama. Selain itu, dengan strategi promosi yang tepat maka bisnis Anda juga tak akan kalah dengan bisnis kompetitor. Lalu, untuk bisa meraih kesuksesan pada apa yang harus Anda lakukan? Berikut ini beberapa langkah untuk meluncurkan promosi secara tepat:

Promosi online shop

  • Tujuan promosi Anda. Anda harus mempersiapkan kegiatan promosi untuk menentukan hasil atau tujuan yang Anda inginkan. Tujuan ini terbagi menjadi dua, yaitu tujuan primer dan tujuan sekunder. Tujuan primer adalah jawaban dari pertanyaan “Mengapa Anda melakukan promosi ini?” Sebaliknya, tujuan sekunder adalah keuntungan-keuntungan tambahan yang kemungkinan akan Anda dapatkan.
  • Siapa yang akan menikmati promosi online shop ini. Anda harus menentukan target market yang akan Anda bidik sebelum melakukan promosi. Karena dengan mengetahui target market, maka promosi yang Anda lakukan pun akan lebih efektif. Misalnya Anda melakukan promosi produk untuk remaja, maka Anda bisa memilih remaja dan orang tua sebagai target potensial Anda.
  • Tentukan waktu yang tepat untuk promosi. Anda harus menemukan alasan yang kuat tentang waktu yang Anda pilih untuk melakukan promosi. Misalnya ketika Anda mempunyai usaha fashion, maka Anda bisa melakukan promosi pada hari-hari menjelang Hari Raya.
  • Keuntungan yang bisa didapatkan. Ketika Anda melakukan promosi dengan memberikan diskon kepada konsumen tentunya akan mengorbankan sedikit keuntungan Anda. Tetapi keuntungan yang Anda dapatkan bisa lebih banyak karena volume pembelian juga lebih tinggi dari hari-hari biasa di luar diskon. Untuk itulah Anda harus benar-benar memperhitungkan keuntungan yang ingin Anda peroleh.
  • Media promosi. Promosi online shop pastinya tidak jauh dari media promosi. Media yang paling tepat dijalankan adalah melalui sosial media dan email. Sebelum melancarkan promosi, sebaiknya Anda juga menentukan kapan untuk memulai promosi ini melalui sosial media, seperti Facebook, Twitter, Google Plus, dan lain sebagainya.
  • Hasilnya. Anda harus bisa melakukan analisa setelah melakukan kegiatan promosi. Analisis apakah tujuan primer dan sekunder sudah terpenuhi. Setelah itu, Anda bisa kembali mempersiapkan untuk melakukan kegiatan promosi berikutnya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS