November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Persaingan Pemasaran

By admin - Thu Feb 16, 3:48 pm

Persaingan pemasaran memang tidak semudah dan sesimple yang dibayangkan. Persaingan pemasaran membutuhkan strategi marketing yang tepat. Sebenarnya ada beberapa pondasi utama dalam manajemen bisnis yang sangat penting yaitu pemasaran, operasional dan keuangan. Untuk manajemen pemasaran, Anda harus memfokuskan pada kegiatan pemasaran dan mencermati permasalahan yang timbul.

Beberapa tips yang dapat digunakan antara lain:

  1. Lingkungan dan jaringan (social networking) yang terhubung dengan banyak orang.
  2. Berilah ulasan singkat, menarik dan jelas dalam membuat iklan.
  3. Jenis barang yang ditawarkan usahakan berbeda dengan pesaing Anda.
  4. Buatlah iklan atau komunitas-komunitas untuk menjaring pelanggan.
  5. Bangun sebuah komunikasi dengan pelanggan.
  6. Berikan kesan lebih kepada pelanggan. Misalnya, kemasan yang menarik, souvenir, undian berhadiah dan pelayanan tambahan.

Persaingan pemasaran

Persaingan pemasaran juga harus memperhatikan pondasi bisnis yang kedua yaitu manajemen operasional. Manajemen ini memfokuskan pada system operasional baik dalam system yang dijalankan maupun pengadaan barang. Beberapa tips yang bisa Anda gunakan antara lain:

  1. Pengadaan dan pengantaran barang yang cepat.
  2. Menjaga mutu dan layanan yang tinggi agar bisnis Anda stabil dan mempunyai citra yang baik.
  3. Perhatikan buffer stock Anda agar tidak kekurangan dan berlebihan. Ukurlah dengan tepat sehingga tidak terjadi kerugian saat penyimpanan barang yang berlebih.
  4. Membangun system control terpadu sehingga waktu dan fleksibilitas dalam persaingan bisnis dapat dikendalikan dengan mudah.

Pondasi ketiga adalah manajemen keuangan. Dalam membentuk bisnis, Anda harus memiliki parameter keuangan yang kuat dan data yang tepat. Sehingga setiap saat Anda bisa mengetahui posisi keuangan. Jangan pernah menganggap remeh masalah administrasi keuangan. Inilah kunci dimana Anda bisa meneruskan bisnis yang dijalankan atau berhenti seketika. Dalam pemasaran online, tidak seorang pun tahu fisik bisnis Anda sebenarnya. Bisa saja bisnis online yang Anda bangun mempunyai tampilan yang wah, sehingga orang lain menganggap bahwa dukungan keuangan Anda sangat kuat. Jangan hancurkan pandangan ini hanya karena Anda tidak sanggup menyediakan barang yang diminta pelanggan. Satu atau duaitem mungkin bisa ditangani. Tetapi jika permintaan tersebut sudah mencapai puluhan dan mungkin ratusan, disinilah Anda akan sadar bahwa manajemen keuangan itu sangat penting.

Persaingan pemasaran harus dihadapi dengan positif. Strategi untuk menghadapi persaingan tersebut antara lain:

  1. Amati pasar dan kenali pesaing Anda. Dalam menghadapi persaingan, terlebih dulu lihatlah potensi pasar yang ada. Serta cari tau siapa pesaing yang kompeten saat ini, sehingga Anda tidak salah langkah dalam menentukan strategi. Dengan mengetahui siapa pesaing Anda, secara tidak langsung menentukan bagaimana cara menghadapinya.
  2. Ciptakan produk yang berbeda. Dengan menciptakan produk yang unik dan belum ada dipasaran, maka produk Anda memiliki nilai lebih dimata konsumen. Produk yang unik dan berbeda, memiliki ciri khas tertentu dan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga mereka lebih mengenali produk Anda, dan memilih produk tersebut dibandingkan produk lainnya yang ada dipasaran.
  3. Tonjolkan keunggulan produk Anda. Fokuskan diri untuk lebih menonjolkan keunggulan produk Anda, misalnya dengan cara mempertahankan kualitas produk atau pelayanan prima yang selama ini Anda tawarkan kepada konsumen. Sehingga loyalitas konsumen terhadap produk Anda, akan semakin meningkat.
  4. Pelajari kelebihan dan kelemahan pesaing. Dengan cara ini Anda bisa mengetahuikelebihan apa yang dimiliki pesaing Anda, dan memanfaatkan kelemahan pesaing sebagai peluang untuk memenangkan persaingan pasar. Ciptakan produk yang tidak diciptakan pesaing Anda, atau berikan pelayanan yang tidak disediakan oleh pesaing Anda.
  5. Menawarkan harga yang bersaing. Memberikan harga yang bersaing, bukan berarti Anda harus menurunkan harga dan memperbesar kerugian usaha Anda. Strategi ini bisa Anda lakukan dengan cara, memberikan bonus untuk pembelian tertentu. Misalnya bila pesaing Anda menjual produk dengan harga yang lebih murah, maka untuk menghadapinya Anda bisa menawarkan bonus “beli 2 gratis 1”.
  6. Buatlah event untuk mempromosikan produk Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS