December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Perkembangan Industri Madu di Indonesia

By admin - Thu Jun 07, 5:17 pm

Industri madu di Indonesia seharusnya bisa lebih maju dari sekarang karena suber daya alam sudah sangat mendukung. Industri madu di Indonesia untuk saat ini masih belum berkembang pesat. Seluruh masyarakat dunia mempercayai manfaat madu yang sangat banyak dan ini seharusnya menjadikan peluang madu makin melesat cepat. Madu merupakan zat atau cairan yang dihasilkan dari nectar bungan yang diambil oleh lebah.

Industri madu di Indonesia

Madu merupakan cairan manis yang berasal dari nectar tumbuhan yang diproses oleh lebah pekerja menjadi madu dan disimpan dalam sel-sel sarang lebah sekaligus sumber karbohidrat. Di Indonesia, terkenal beberapa jenis lebih penghasil madu, yaitu lebah local (Apis cerana), lebah liar (Apis dorsata) dan juga lebah Eropa (Apis mellifera). Sedangkan komponen penyusun madu adalah air, gula (fluktosa, glukosa, maltose, sukrosa), mineral (Ca, Na, P, Fe, Mg, Mn), Vitamin (B1, B2, B5, B6, C) dan juga Enzim. Madu yang baik adalah madu yang memenuhi syarat mutu melalui uji laboratorium, yaitu yang mempunyai kadar air maksimal 22%, gula pereduksi minimal 60%, sukrosa maksimal 10%, keasaman maksimal 40mL NaOH/kh, aktivitas enzim diastase minimal 3 DN.

Industri madu di Indonesia saat ini masih bergelung dengan modal dan hanya dipasarkan di dalam negeri. Padahal pangsa pasar di luar negeri masih sangat luas. Karena madu sudah dianggap sebagai makanan kesehatan yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh. Madu merupakan makanan alami yang bisa meningkatkan energy seketika dan juga meningkatkan vitalitas dan fungsi seksual.

Banyak sekali pengobatan herbal yang membutuhkan madu untuk terapi. Selain itu, untuk konsumsi sehari-hari, madu juga sangat bagus untuk menjaga vitalitas tubuh. Karena madu ini bersifat anti bakteri, anti cendawan dan anti oksidan, mencegah pertumbuhan tumor/kanker, berguna untuk perawatan atau pembentukan jaringan dan fungsi reproduksi, mereduksi tekanan psikis/ stress. Selain itu, madu juga sering digunakan untuk perawatan kecantikan di salon-salon kecantikan maupun di spa, baik di dalam maupun di luar negeri. Karena penggunaan madu untuk kecantikan adalah untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit.

Industri madu di Indonesia bahkan seakan belum menyentuh industry kecantikan. Karena yang biasanya terjadi adalah madu yang diambil untuk perawatan kecantikan adalah madu impor yang didatangkan dari Negara lain. Padahal Negara kita snediri sudah mampu menghasilkan madu dnegan kualitas bagus. Indonesia  merupakan negara yang mempunyai banyak hutan dan memliliki varietas yang cukup banyak. Tetapi ironis, hal yang terjadi dinegri ini dengan hutan terbesar didunia yang dimiliki, ladang terluas yang diolah tapi tidak memberikan madu dan produk lebah lainnya yang baik dan besar dari kuantitas maupun kualitasnya. Demikian pula dengan pemanfaatan lebah sebagai alternatif pengobatan. Hal yang demikian tidak berkembang di negri ini, ironis sekali.

Tahukah Anda bahwa madu juga bisa dikonsumsi segala umur? Berikut urainnya:

  1. Janin. Madu bermanfaat bagi janin untuk memperkuat janin yang lemah dalam kandungan (rahim).
  2. Ibu hamil. Madu mampu membantu menjaga stamina dan juga kesehatan selama mengandung bayi dan membantu asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan.
  3. Bayi. Madu mampu membantu perkembangan otak bayi. Karena setiap hari otak terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itulah bayi membutuhkan nutrisi yang tinggi. Karena perkembangan dan pertumbuhan otak akan sangat terkait dengan kecerdasan pikiran (IQ) dan kecerdasan mental (EQ). Daripada Anda memberikan asupan makanan instan, kenapa tidak Anda berikan madu saja sebagai makanan alami yang bergizi tinggi.
  4. Anak-anak. Madu mampu meningkatkan nafsu makan (karena mengandung unsure vitamin B yang lengkap). Sehingga Anda bisa melihat anak Anda tumbuh sehat, riang dan lincah serta tahan penyakit.
  5. Remaja. Madu akan membuat remaja tumbuh sangat cepat, gizi yang baik dan juga menjadikan pertumbuhan remaja menjadi maksimal.
  6. Dewasa. Madu juga sangat bermanfaat untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah seharian melakukan aktivitas berat dan juga stress.
  7. Lanjut usia. Madu sangat bermanfaat sebagai sumber gizi dan energy bagi manula. Karena madu bisa langsung diserap oleh tubuh, dimana pada usi tersebut organ pencernaan sudah mengalami penurunan fungsi.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS