December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Perhiasan dan Investasi Emas

By admin - Thu Jun 21, 4:46 pm

 

Investasi emas merupakan investasi yang sangat bagus untuk jangka panjang. Investasi emas sudah menjadi tradisi selama berabad-abad. Keunggulan emas ini terletak pada harganya yang cenderung stabil dari tahun ke tahun dan mempunyai zero inflation effect atau tidak begitu terpengaruh oleh inflasi. Dari tahun ke tahun, sangat jarang sekali harga emas turun. Emas ini selain bisa dijadikan investasi juga bisa dijadikan perhiasan yang merupakan symbol kesejahteraan bagi seseorang.

Investasi emas

Emas merupakan cara yang bagus dalam mendiversifikasi harta, terlebih dalam kondisi yang tidak stabil. Emas bisa dijadikan sebagai alat untuk melindungi nilai. Yang menyebabkan harga emas cenderung stabil adalah karena komoditi emas di dunia tidak bisa bertambah. Salah satu keuntungan yang lain dari emas adalah harga emas dipatok dalam US dollar. Jadi, Anda bisa mendapatkan keuntungan ketika terjadi peningkatan nilai US dollar. Anda bisa mendapatkan keuntungan langsung yaitu dari kenaikan dollar dan juga kenaikan dari harga emas itu sendiri. Tetapi apabila sebaliknya yang terjadi, yaitu harga US dollar turun, maka harga emas juga akan turun.

Investasi emas untuk jangka panjang cenderung naik dan stabil. Bila dibandingkan dengan berinvestasi langsung di forex atau mata uang US dollar, maka investasi emas lebih menguntungkan dan lebih aman. Emas bisa disimpan dan didiamkan dalam jangka waktu yang lama tanpa mengurangi nilainya.justru apabila terjadi kenaikan, maka nilainya akan bertambah.

Tetapi selain keunggulan yang dimilikinya, emas juga mempunyai kelemahan. Kelemahan investasi emas terletak pada factor penyimpanan (storage) dan perawatan (handling). Menyimpan emas dalam jumlah banyak relative beresiko dan mahal. Selain itu, walaupun dibungkus protective cover, apabila perawatannya kurang baik, maka kemungkinan bisa terjadi oksidasi dan perubahan warna. Khususnya yang berbentuk koin. Emas apabila sudah mengalami penyok, jatuh, atau cuil akan sulit untuk bisa di-treatment ulang dan hal ini juga bisa mengurangi harga. Jadi, jika Anda memutuskan untuk berinvestasi emas, sebaiknya Anda fokuspada penyimpanan dan perawatan.

Investasi emas sebenarnya mempunyai return yang relative stabil. Jadi, bagi investor yang menginginkan return yang besar, investasi ems tidak cocok untuknya. Ada beberapa indicator dalam investasi emas yang bisa menjadi penangkal inflasi, yaitu sebagai berikut:

  • Berdasarkan analisis yang dilakukan, harga emas selalu mengikuti naik turunnya mata uang US dollar. Jadi, jika mata uang US dollar naik, maka nilai emas juga akan naik. Dan begitupun sebaliknya.
  • Meningkatnya inflasi akibat meningkatnya konsumsi masyarakat juga menyebabkan harga emas naik, tidak terpengaruh berapapun tingkat inflasi yang terjadi. Bahkan dari catatan sejarah mengatakan bahwa harga emas akan selalu lebih tinggi daripada nilai inflasi.
  • Dalam situasi ekonomi yang belum stabil, investasi emas merupakan peluang untuk menciptakan capital gain dan mempertahankan asset Anda.

Jadi, jika Anda berminat untuk berinvestasi di emas, perhatikan apakah Anda ingin menyimpannya dalam waktu yang lama atau hanya untuk kurang dari 1 tahun. Jika Anda ingin menginvestasikan emas di atas 1 tahun, maka Anda harus menyiapkan perawatan dan penanganan yang sebaik mungkin agar nilainya tidak turun. Tetapi jika Anda merupakan tipe investor yang menyukai tantangan, sebaiknya Anda tidak berinvestasi di emas karena harganya atau return-nya yang cenderung stabil tentu akan membuat Anda menjadi tidak bergairah. Selamat berinvestasi!

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS