November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Perhatikan Teknis Membangun Usaha Kuliner

By admin - Fri Oct 05, 4:29 pm

 

Usaha kuliner memang menjadi usaha yang tidak ada matinya. Usaha kuliner membutuhkan sentuhan ajaib seorang pengusaha untuk bisa terbangun dengan maksimal. Karena menjadi seorang wirausahawan memang tidak mudah. Seorang pengusaha harus mempunyai passion, ketekunan dan juga keuletan untuk meraih kesuksesan. Nah, dari sekian banyak jenis usaha yang ada, usaha kuliner memang menjadi primadona karena banyak sekali para pelaku usaha yang melirik usaha ini. Alasan yang sering dikemukakan adalah karena usaha ini lebih mudah dijalankan daripada bisnis lain.

Usaha kuliner

Pernyataan tersebut memang tidak terbukti tepat. Karena pada kenyataannya, usaha kuliner membutuhkan kreativitas, penanganan dan juga resiko yang lebih besar daripada jenis usaha yang lain. Tetapi ada beberapa kunci dan tips teknis yang bisa Anda gunakan untuk mulai menjalankan bisnis kuliner, antara lain:

 

Pertama, pemilihan lokasi. Usaha kuliner membutuhkan pemilihan lokasi usaha yang tepat yang sesuai dengan target market atau pangsa pasar yang Anda bidik. Yang dimaksud dengan strategis adalah lokasi tersebut mendekati pangsa pasar Anda. Karena hal ini akan menentukan berapa banyak produk yang terjual. Karena pemilihan tempat yang strategis jika tidak diikuti dengan kesesuaian pangsa pasar yang dituju akan membuat produk Anda kurang diminati.

 

Kedua, pemasaran. Pemasaran produk memegang peranan yang penting dalam meraih kesuksesan bisnis. Cobalah untuk menentukan cara berpromosi dan pemasaran yang efektif agar tidak kehabisan terlalu banyak biaya. Anda sebaiknya memperhatikan target market sebelum berpromosi. Karena beda target market, metode promosi yang akan dijalankan juga akan berbeda. Misalnya untuk menyasar kalangan menengah ke atas, maka promosi melalui pamphlet dan fyer tidak akan efektif dan tidak tepat sasaran. Karena panflet dan flyer hanya akan dianggap sebagai sampah kertas. Nah, ketika Anda menyasar pasar kalangan menengah ke atas, Anda harus menggunakan spanduk. Spanduk merupakan cara yang paling efektif.

 

Ketiga, produksi. Usaha kuliner harus benar-benar menjaga kualitas makanan. Karena kualtas makanan akan menentukan apakah pelanggan akan kembali menikmati makanan di tempat Anda atau tidak. Sisi lain dari produk yang juga harus Anda rencanakan dengan matang adalah bahan baku, pelayanan, penyajian sampai supplier. Karena memang sudah seharusnya jika kualitas makanan selalu dijaga secara konsisten. Hal ini juga berlaku jika Anda sudah mempunyai cabang, kualitas dari rasa makanan yang ada di setiap cabang harus selalu dijaga dengan baik. Selain itu, cost control juga tetap harus Anda jaga. Hindari pemasangan harga jual yang fluktuatif dari hari ke hari. Karena harga yang berbeda di setiap cabang akan membuat konsumen enggan untuk kembali.

 

Keempat, SDM. Hindari bersikap bossy atau bertindak seenaknya, walaupun Anda adalah pemilih usaha tersebut. Karena karyawan adalah asset penting perusahaan. Cobalah berikan payroll yang layak untuk mereka. Pastikan kenyamanan dan jenjang karir karyawan juga Anda perhatikan.

 

Kelima, keuangan. Masalah keuangan dalam bisnis jangan terlalu dianggap remeh dan disepelekan. Anda harus selalu membuat perencanaan keuangan dan neraca bisnis sampai sedetail-detailnya. Hal ini untuk mencegah uang yang hilang sekecil apapun. Anda harus memberikan sosialisasi pada karyawan untuk selalu mencatat setiap pemasukan dan juga pengeluaran yang dilakukan dengan teliti. Karena catatan keuangan ini nantinya akan berfungsi untuk membantu Anda mengontrol dan menghitung setiap detail bisnis Anda. Ini juga bisa untuk membantu Anda menganalisis berapa besar keuntungan usaha dan juga kecepatan balik modal.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS