July 28 2014
  • 1
Jakarta, ID - 25 °CPartly Cloudy - Humidity: 83%
Advertisement

Perencanaan untuk Peluang Usaha Kecil Menengah

By admin - Mon Feb 13, 4:18 pm

Peluang usaha kecil menengah harus dipikirkan secara matang dan dilihat secara teliti. Peluang usaha kecil menengah dengan perencanaan yang lemah seringkali menyebabkan kegagalan. Hal ini menyebabkan perencanaan strategis adalah kunci sukses untuk mengembangkan bisnis Anda. Rencana bisnis berfokus pada tercapainya sebuah tujuan. Tentunya tujuan bagi sebuah usaha adalah keuntungan. Sukses sebuah usaha ditentukan dalam perencanaan strategis dan langkah-langkah usaha untuk menerapkan rencana tersebut.

Proses perencanaan strategis mempunyai tujuan, yaitu:

  1. Membangun pertumbuhan tujuan realistis dan sasaran.
  2. Fokus sumber daya pada prioritas utama.
  3. Meningkatkan produktivitas staff.
  4. Membangun tim yang kuat.
  5. Mengukur kemajuan.

Peluang usaha kecil menengah harus dijalankan dengan perencanaan yang matang. Langkah dasar dalam perencanaan adalah menggunakan orang-orang dan sumber daya terbaik dengan kualifikasi terbaik yang paling sesuai dengan karakter perusahaan Anda untuk membantu Anda dalam mewujudkan rencana Anda. Selain itu, Anda juga harus memahami hal-hal yang masuk ke rencana strategis Anda. Dasar-dasar yang harus dimasukkan dalam rencana strategis termasuk eksekutif summary perusahaan, deskripsi organisasi, pernyataan visi dan misi, serta tujuan dan strategi. Hal lain termasuk langkah langkah dasar (pembagian tanggung jawab secara spesifik untuk mencapai tujuan), anggaran untuk mencapai tujuan dan petunjuk untuk memeriksa dan mengkomunikasikan rencana tersebut.

Setelah itu, Anda juga harus menguraikan tujuan Anda dalam rencana strategis. Salah satu alat untuk menguraikan rencana dalam proses perencanaan strategis adalah grid yang meminta dua pertanyaan, yaitu:

  1. Apakah kita memilikinya?
  2. Apakah kita benar-benar menginginkannya?

Atau, Anda juga dapat menggunakan alat lain yang disebut SWOT, yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

Peluang usaha kecil menengah juga tidak jauh dari pembuatan rencana aksi. Detail tindakan yang harus diambil bertujuan untuk mencapai tujuan strategi bisnis Anda. Selalu tentukan siapa yang bertanggung jawab untuk melakukan apa dan kapan. Dalam 90 hari pertama, terus review rutin sehingga anggota tim tahu apa yang diharapkan dari mereka. Tentukan titik point dimana terdapat orang yang bertugas mengukur keberhasilan rencana strategis setiap kuartal. Juga mempertimbangkan dan menempatkan orang-orang dalam tim yang terdiri dari dua hingga tiga orang. Sehingga mereka dapat bertanggung jawab satu sama lain. Karena sejatinya, rencana strategis perusahaan memberikan jalan bagi keberhasilan.

Setelah Anda menentukan perencanaan dengan matang, sekarang saatnya Anda melaksanakan rencana strategis Anda. Memetakan rencana strategis ke dalam langkah-langkah kecil secara keseluruhan adalah langkah awal. Anda mungkin menggunakan strategi untuk mencapai tujuan Anda, seperti pemasaran di internet. Strategi ini mungkin akan bergeser sampai Anda maju. Rencana aksi ini melaksanakan strategi dan biasanya dinyatakan dalam tujuan kuantitatif, seperti kenaikan 10% penjualan. Membagikan salinan dari rencana strategis untuk semua anggota tim. Ingatlah untuk secara teratur memuji mereka untuk tujuan strategi pertemuan bisnis.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement