October 22 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Perencanaan financial menjelang pernikahan

By admin - Fri Jun 08, 11:20 am

Perencanaan financial menjelang pernikahan tentunya sangat penting agar pengeluaran tidak membengkak. Perencanaan financial menjelang pernikahan akan membantu Anda dan pasangan lebih focus terhadap hal-hal penting dengan menggunakan budget sejumlah tertentu. Menikah merupakan momen yang sangat membahagiakan dan rasanya ingin membaginya kepada semua kerabat, teman, dan kenalan. Tentu saja cara membagi kebahagiaan ini direalisasikan dengan cara yang indah yang tentu saja membutuhkan pengeluaran yang besar.

Perencanaan financial menjelang pernikahan

Itulah mengapa menikah tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Karena Anda harus melalui beberapa tahapan tertentu yang harus tersusun dalam perencanaannya dan harus dipikirkan dengan masak-masak. Jika Anda sudah mulai memikirkan dan merencanakan pernikahan Anda dalam waktu dekat, tentu saja Anda akan mengalami kerepotan. Karena di sini Anda akan berusaha untuk menjadi seperfeksionis mungkin agar pernikahan Anda berjalan dengan sempurna dan tanpa kurang suatu apapun. Hal ini diakibatkan pernikahan adalah pengalaman sekali seumur hidup.

Perencanaan financial menjelang pernikahan meliputi tempat, waktu, busana, susunan acara, undangan pernikahan dan juga souvenir pernikahan serta jasa photographer dan videographer. Sebelum Anda menetapkan budget, Anda harus menghitung dan menyusun siapa saja yang akan Anda undang dan berapa jumlahnya. Kemudian Anda bisa langsung memesan undangan dengan jumlah dan harga yang sudah disepakatai. Setelah Anda mengetahui jumlah tamu undangan, Anda harus segera menentukan budget. Karena Anda harus memilih desain undangan yang sesuai dengan budget untuk undangan Anda.

Untuk kelancaran rencana pernikahan Anda, jangan hanya focus terhadap hal-hal besar saja. Anda juga harus memperhatikan dan merencanakan hal-hal kecil, diantaranya adalah sebagai berikut. Pertama, jangan pernah merencanakan pernikahan tanpa anggaran. Anggaran atau budget adalah hal krusial yang harus disiapkan pertama kali. Pastikan Anda menentukan seberapa banyak anggaran pernikahan Anda dan hitung juga siapa saja yang akan ikut mneyumbang dan berapa banyak. Kedua, jangan mengeluarkan lebih banyak dari anggaran yang Anda tetapkan atau dari yang Anda mampu bayar. Hari pernikahan adalah satu hari yang sangat penting. Pikirkan kehidupan baru Anda ke depan. Anda tidak ingin terpaksa memulai hari baru dengan mencicil hutang selama beberapa tahun ke depan kan?

Perencanaan financial menjelang pernikahan yang ketiga adalah jangan percaya begitu saja pada ucapan penyedia jasa pernikahan (perias pengantin, catering dan lain sebagainya). Jadi, Anda harus membuat perjanjian atau rencana yang tertulis dan jelas. Keempat, jangan coba-coba melakukan segalanya sendirian. Merencanakan pernikahan adalah pekerjaan penuh waktu yang membutuhkan banyak sekali konsentrasi dan tenaga. Biarkan jika ada beberapa anggota keluarga Anda yang ingin ikut membantu. Karena tentu saja akan membantu meringankan beban Anda. kelima, jangan memaksakan kehendak dan juga keinginan Anda sendiri. Anda harus berkompromi untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

Keenam, jangan terlalu hemat untuk fotografi. Karena fotografi akan tahan lama bahkan sampai Anda berdua sudah mempunyai anak dan cucu. Ketujuh, jangan terlalu mengurusi hal yang detail. Misalnya Anda memusingkan apakah pita penghias meja harus berwarna ungu atau merah? Hal ini tentu bisa menghilangkan kesenangan Anda dan menambah beban bagi Anda. kedelapan, jangan lupa berterima kasih kepada semua yang terlibat dalam proses persiapan pernikahan Anda dan semua yang member Anda hadiah. Kesembilan, jangan membebani diri Anda dengan banyak pekerjaan sehari sebelum pernikahan Anda. Anda harus bersantai dan memanjakan diri sehari menjelang hari istimewa Anda. kesepuluh, jangan mengharapkan upacara pernikahan yang sempurna. Jangan sampai Anda berekspektasi berlebihan, dan jangan sampai melupakan tujuan utama Anda, yaitu menikah.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS