November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peran Merk Dagang Bagi Usaha

By admin - Tue May 22, 5:08 pm

Merk dagang pastinya mempunyai peran penting dalam perkembangan usaha Anda. Merk dagang mempunyai kapasitas untuk meningkatkan kesuksesan Anda. Merk merupakan suatu identitas dari perusahaan yang diekspresikan melalui logo ataupun tagline. Merk sangat penting dimiliki oleh suatu bisnis untuk pengembangan usahanya. Karena dengan merk, suatu produk atau jasa yang ditawarkan akan dikenal oleh para pelanggannya.

merk dagang

Sebuah merk adalah kumpulan sifat yang sangat mempengaruhi pembelian. Merk memungkinkan konsumen atau calon konsumen untuk mengidentifikasi produk atau jasa yang menjanjikan manfaat khusus. Merk membangkitkan harapan konsumen akan mutu, harga, tujuan dan performa. Nama merk yang terkenal adalah asset perusahaan yang paling bernilai. Mereka mewakili akumulasi pengalaman konsumen yang menyenangkan selama bertahun-tahun dan investasi yang tinggi pada iklan, presentasi dan mutu.

Merk dagang mempunyai dua jenis penamaan, yaitu:

  1. Master brand. Yaitu nama tunggal dan proporsi yang digunakan untuk mencakup berbagai area produk yang berbeda. Contoh master brand yang terkenal adalah Sony, Canon, Honda, Toyota, Hitachi. Brand tersebut bisa digunakan untuk semua produk yang diproduksi oleh mereka sendiri.
  2. Individual brand. Indibidual brand selalu mengandung satu jenis produk untuk satu pasar dan mencakup pilihan model, ukuran, produk dan format kemasan yang berbeda. Contoh individual brand ini misalnya adalah McDonald, KFC, CFC dan lain sebagainya yang khusus berbisnis di satu pasar, yaitu pasar restoran cepat saji.

Individual merk terus berkembang dan dapat berubah menjadi master brand apabila bisnis yang dijalankannya memproduksi produk atau jasa lain dengan menggunakan merk tersebut. Demikian pula halnya master brand. Untuk membuat suatu merk menjadi semakin kuat dan tersegmen, master brand akan diikuti oleh individual brand. Misalnya adalah Sony Vaio. Seperti yang kita tahu, Sony merupakan master brand terkenal yang bergerak di bidang elektronik. Untuk membuat citra dirinya semakin kuat, serta untuk membuat merk tersebut memiliki suatu segmen pasar di suatu produknya, maka Sony menciptakan individual brand “Vaio” untuk pasar computer. Pada penyebutannya biasanya individual brand ini ditempatkan setelah master brand-nya. Contoh, Sony Vaio, Sony PlayStation, Apple Iphone, dan lain sebagainya.

Merk dagang yang telah dibangun selanjutnya juga harus didukung oleh pelayanan konsumen yang sangat tepat. Karena setiap karyawan wajib memberikan pelayanan dengan menempatkan diri sebagai konsultan kepada seluruh customer yang masuk ke dalam toko. Sikap seorang karyawan adalah cerminan sikap perusahaan terhadap pelanggannya. Jika karyawan tersebut buruk dalam hal pelayanan pelanggan, maka buruklah citra perusahaan di mata pelanggan, demikian pula sebaliknya. Untuk itulah perlu diberitahukan kepada para karyawan mengenai sikap-sikap mendasar dalam pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Sikap pertama yang harus dipraktikkan oleh para karyawan Anda adalah santai. Menggunakan bahasa yang tidak formal, sesuai dengan karakter customer yang sedang dilayani. Menunjukkan sikap percaya diri. Mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan friendly. Sikap kedua adalah memprioritaskan pelayanan kepada customer dibandingkan dengan aktifitas lain. Sikap ketiga adalah tidak memaksakan kehendak.

Merk dagang juga bisa ditunjang dengan sikap keempat, yaitu informative. Karyawan Anda wajib memberikan informasi mengenai identitas diri, keunggulan produk dan promosi yang sedang berjalan.

Sikap kelima adalah dengan selalu menunjukkan sikap siap melayani setiap waktu. Hal-hal yang dianggap tidak menunjukkan sikap melayani adalah:

  1. Menerima atau memainkan telephone/handphone di lapangan.
  2. Sikap acuh tak acuh.
  3. Bercanda dan bergerombol dengan sesame karyawan.
  4. Sikap berpangku tangan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS