December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Pentingnya Strategi Promosi

By admin - Tue Jun 26, 4:32 pm

 

Strategi promosi memegang peranan penting untuk kesuksesan usaha Anda. Strategi promosi sangat berhubungan dengan penjualan produk. Promosi sendiri merupakan salah satu pilar yang harus kokoh. Dan untuk mengkokohkan pilar ini, diperlukan usaha dan perencanaan yang matang. Karena sejatinya promosi adalah kegiatan pendukung strategi pemasaran yang memang sengaja dilakukan untuk mengingatkan para konsumen dan calon konsumen tentang produk dan jasa dengan brand baru atau dengan produk baru.

Strategi promosi

Jadi, promosi mempunyai manfaat yaitu untuk meningkatkan penjualan atau permintaan barang dan jasa yang diproduksi atau ditawarkan. Hasil akhir yang didapatkan adalah laba yang besar dan pelanggan yang banyak. Ada juga manfaat yang lain yaitu bisa memberikan kemudahan dan juga perencanaan strategi selanjutnya yang lebih matang. Karena dengan berpromosi, Anda sebagai produsen akan mampu berinteraksi atau berkomunikasi dengan konsumen langsung, jadi Anda akan langsung melihat saran atau keinginan konsumen secara langsung. Dan hal ini tentu saja akan membuat konsumen terpuaskan dan tetap setia pada produk atau jasa Anda.

Strategi promosi bisa memberikan informasi akurat dari para konsumen langsung tentang respon terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa poin manfaat penerapan strategi untuk promosi:

1)       Mengetahui tingkat kebutuhan para konsumen akan produk tertentu.

2)       Mengetahui produk yang diinginkan oleh para konsumen.

3)       Mengetahui cara pengenalan dan juga penyampaian produk sehingga sampai ke tangan konsumen.

4)       Mengetahui strategi promosi yang tepat untuk ke depannya.

5)       Mengetahui harga yang lebih sesuai untuk para konsumen dan kondisi pasar.

6)       Menciptakan image produk atau jasa.

7)       Mengetahui kodisi persaingan pasar dan juga cara mengatasinya.

Dan untuk mewujudkan manfaat tersebut, ada beberapa strategi yang harus Anda lakukan. Strategi pertama adalah dengan iklan (advertising). Iklan akan membantu mengenalkan produk Anad kepada konsumen dan juga sebagai pembentuk image produk. Tetapi untuk memilih iklan yang tepat, Ada juga harus teliti. Pilihlah iklan yang mudah dimengerti dan menarik. Anda bisa memilih memasukkan iklan di media massa maupum media elektronik, dan yang sekarang paling banyak adalah iklan di dunia internet. Strategi kedua adalah promosi penjualan (sales promotion). Promosi penjualan mampu meningkatkan penjualan dalam jangka waktu pendek (selama promosi diselenggarakan). Promosi ini bisa dilakukan dengan memberikan diskon maupun promosi yang lain.

Strategi promosi yang ketiga adalah penjualan perorangan (personal selling). Strategi ini bertujuan untuk lebih mendekatkan dan mengenalkan suatu produk dan jasa kepada para konsumen. Jadi, para konsumen akan mendapatkan informasi produk yang lebih detail dan produsen akan mendapatkan respon dari para konsumen secara langsung. Strategi keempat adalah hubungan masyarakat (public relations). Setelah image produk atau jasa Anda tertanam di hati para konsumen, Anda juga harus tetap menjaga hubungan baik dengan konsumen. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk menjaga kepercayaan dari konsumen pada produk atau jasa Anda. Menjadi pengusaha harus rela memberikan yang terbaik bagi konsumen. Walaupun Anda mempunyai produk atau jasa yang berkualitas baik, tetapi Anda tidak memberikan pengertian tentang produk Anda kepada masyarakat, maka masyarakat juga tidak akan melirik produk Anda.

Untuk menerapkan image yang bagus bagi produk Anda, Anda juga harus memberikan pelayanan yang bagus. Karena ketika calon konsumen mulau mengenal produk Anda dan mencoba membeli produk atau jasa Anda, maka yang kemudian dilihat adalah layanan yang Anda berikan. Jika Anda tidak memberikan layanan yang maksimal, maka konsumen tidak akan berubah menjadi pelanggan Anda. Mereka akan mencari produk atau jasa lain yang lebih baik dalam kualitas produk dan pelayanannya. Jadi, pilih strategi promosi mana yang Anda inginkan dan terapkan dengan pelayanan yang maksimal.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS