November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Pentingnya Peluang Bisnis dan Pengelolaan Keuangan

By admin - Wed Jan 18, 3:26 pm

  • Comments Off on Pentingnya Peluang Bisnis dan Pengelolaan Keuangan
  • 1010 views
  • Email
  • Print

Peluang bisnis dan pengelolaan keuangan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Karena disaat Anda menemukan peluang bisnis, Anda kemudian membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik dan relevan sehingga usaha yang Anda ciptakan tidak akan bangkrut atau merugi di tengah jalan karena masalah keuangan. Apalagi jika Anda adalah seorang entrepreneur muda yang baru akan merintis sebuah usaha. Karena terkadang dalam memulai sebuah usaha masih suka mencampur adukkan dana pribadi dan bisnis.

Itulah sebabnya mengapa Anda harus mengontrol keuangan Anda. Berikut adalah cara untuk menganalisis pengelolaan keuangan Anda. yang pertama adalah terlalu berlebihan dalam investasi. Biasanya agar terkesan professional, banyak sekali wirausaha muda yang rela mengorek tabungannya. Misalnya untuk menyewa kantor di tempat yang terlalu luxurious maupun membeli peralatan atau perabotan mewah untuk usahanya. Sehingga hal ini akan menghabiskan terlalu banyak pengeluaran. Padahal sebenarnya hal-hal tersebut tidaklah menjadi kebutuhan primer pada usaha Anda. Ada baiknya Anda gunakan setiap uang yang Anda miliki untuk menciptakan produk yang baik dan tunjukkan kepada pengguna.

Peluang bisnis yang didapat dengan perpaduan antara pengelolaan keuangan akan menghasilkan hasil yang memuaskan dan menguntungkan tentunya. Pengelolaan keuangan yang kedua bisa dilakukan dengan tidak menggaji diri sendiri. Pemilik bisnis muda cenderung menanamkan semua sumber daya ke dalam bisnis tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Sulit jika bisnis harus membiayai kehidupan pribadi Anda. Tempatkan posisi Anda seperti karyawan lain, yaitu menggaji diri sendiri dengan secukupnya. Hal ini untuk memastikan keuangan pribadi Anda tetap sehat dan terpisah dari bisnis. Terapkan pada diri Anda bahwa walaupun Anda yang memiliki bisnis ini, jangan lantas memberikan gaji tinggi untuk Anda sendiri. Anda harus menyediakan cukup banyak dana untuk bisnis Anda supaya tetap dapat beroperasi dalam masa-masa sulit.

Ketiga adalah tidak mempertimbangkan kemungkinan terburuk. Kalangan muda seringkali berpikir bahwa mereka sangat berpotensi dan tidak mungkin gagal. Akan tetapi, siapapun bisa saja mengalami kegagalan. Untuk itulah Anda harus membuat rencana setelah memprediksi kemungkinan terburuk tersebut. Buat sebuah rencana pengganti dan beberapa bentuk asuransi untuk mendukung bisnis ketika Anda tidak mampu lagi menjalankannya. Jika Anda mempunyai rekanan bisnis, seharusnya Anda membuat perjanjian jual-beli. Perjanjian ini yang akan mengatur tentang apa yang akan terjadi jika salah satu pemilik bisnis meninggal. Biasanya perjanjian ini mencakup komponen asuransi yang menyediakan dana apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada pemilik bisnis.

Peluang bisnis yang ada juga akan berjalan lancar jika Anda mematuhi cara pengelolaan keuangan yang keempat, yaitu tidak mencampur aset bisnis dan pribadi. Bisa dengan menjamin pinjaman secara pribadi atau meminta orang tua Anda untuk membeli rumah kedua. Karena meningkatkan asset pribadi untuk tujuan bisnis tidak akan baik bagi kondisi keuangan pribadi. Misalnya, ketika bisnis Anda menurun, para kreditor bisa mengejar aset pribadi Anda. Kelima adalah menggunakan kartu kredit pribadi untuk tujuan bisnis. Hal ini akan sangat beresiko. Karena jika Anda bergantung pada kartu kredit untuk membiayai usaha sedangkan pihak bank tidak memberikan dana untuk Anda. Pada saat itu, pasti godaan penggunaan kartu kredit akan sangat besar. Mencampur tagihan bisnis dan pribadi bisa menimbulkan kekacauan organisasi.

Keenam adalah ‘merampok’ kas perusahaan. Ketika berhasil melakukan penjualan yang hebat dalam dua atau tiga bulan, biasanya pengusaha muda biasanya akan menjadi terlalu percaya diri. Pengusaha yang belum berpengalaman ini kemudian akan mulai menghabiskan arus kas perusahaan tanpa pandang bulu. Misalnya, ketika membutuhkan mobil operasional, mereka akan membeli mobil-mobil terbaik (yang tentu saja lebih mahal). Lalu pada beberapa bulan berikutnya ternyata penjualan tidak sama seperti yang diharapkan. Tentu saja hal ini akan semakin membuat mereka kalang kabut.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Pentingnya Peluang Bisnis dan Pengelolaan Keuangan