November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Pengusaha yang Sukses

By admin - Tue Jan 17, 3:23 pm

Pengusaha yang sukses adalah impian banyak orang tetapi masih menjadi kenyataan bagi sebagian kecil orang saja. Karena menjadi pengusaha yang sukses adalah pilihan. Manusia adalah makhluk yang diberikan banyak kelebihan diantara makhluk lainnya. Selain bentukannya sempurna dan terbaik diantara makluk lainnya, manusia juga dikaruniai kemampuan untuk berpikir. Kemampuan berpikir inilah yang menjadikan manusia menjadi makhluk paling berbudaya. Kemampuan berpikir manusia menjadikan manusia mempunyai kemampuan untuk memilih jalan hidupnya.

Berkah berupa kekuatan memilih jika digunakan dengan baik bisa mengubah nasib dengan cepat termasuk dalam hal materi. Ada banyak cara mencari materi. Anda bebas menentukan pilihan cara untuk mencarinya. Anda bisa bekerja dan meniti karir hingga puncak, bisa menikahi anak pengusaha, menjadi investor, maupun memilih untuk menjadi pengusaha. Semua itu adalah pilihan hidup. Jika Anda memilih untuk menjadi seorang pengusaha untuk kesuksesan financial maka hendaknya pilihan Anda tersebut benar-benar diyakini dan diperjuangkan. Karena banyak yang punya pilihan hidup tetapi tidak meyakini, apalagi memperjuangkannya. Dia hanya melihat hasil-hasil yang dicapai orang lain tanpa berusaha melihat bagaimana ia memperjuangkannya. Ia hanya menjadi pemimpi dan tidak pernah ada aksinya. Dan akhirnya keinginannya menjadi pengusaha sekedar mimpi yang tidak pernah bisa terwujud.

Pengusaha yang sukses bisa diraih dengan bermimpi terlebih dahulu tetapi punya keinginan dan bertindak secara nyata. Jadi, Anda tidak berhak untuk hanya bermalas-malasan tanpa berusaha sedikitpun untuk meraih kesuksesan yang selama ini menjadi mimpi Anda. Salah satu pengusaha sukses di Indonesia yang juga merupakan mantan Wakil Presiden RI, yaitu Jusuf Kalla menegaskan untuk jadi pengusaha sukses ada tiga kunci yang harus diperhatikan yaitu produk harus lebih baik, murah dan cepat.

Beliau menuturkan bahwa pengusaha Indonesia tidak bisa cepat maju atau berkembang karena tidak menguasai ketiga hal tersebut atau salah satunya tidak bisa dijalankan. Modal bagi seorang pengusaha bukan persoalan utama. Modal sebenarnya bisa didapatkan lewat bank-bank pemerintah yang ada, karena di sana ada kredit permodalan dengan berbagai jenis baik untuk pengusaha besar maupun kecil. Kenyataannya, Indonesia sekarang ini masih minim jumlah pengusahanya, dan negara yang maju minimal memiliki dua persen pengusaha dari jumlah penduduk yang ada. Untuk memenuhi jumlah pengusaha ini sebenarnya bisa dilahirkan lewat pendidikan.

Pengusaha yang sukses tidak hanya sepintas lalu menjadi sangat sukses. Anda harus melewati berbagai macam fase dan usaha yang sekaligus akan menggembleng kemampuan Anda. Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda pelajari dan kembangkan untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Tips pertama adalah nikmati indahnya berpikir kreatif. Seperti yang dikatakan oleh John C Maxwell bahwa "Bakat saja tidak cukup. IQ juga tidak. Semua baru menjadi potensi, dan setiap potensi perlu menemukan pintunya." Tips kedua adalah kekuatan kesederhanaan. Tip ini berasal dari pengalaaman sukses Firmansyah Budi Prasetyo, pemilik Tella Krezz. Ia berhasil menaikkan gengsi singkong menjadi sama dengan french fries dan snack impor lainnya. Kunci sukses para pemikir sederhana, mereka mengerjakan hal-hal yang sudah dikenali dan akrabi sejak kecil.

Tips ketiga adalah carilah struktur biaya yang rendah. Menurut Rheinald Khasali, berwirausaha bukan bergaya hidup. Kalau bergaya hidup Anda menghabiskan uang. Dalam wirausaha Anda mengurangi pengeluaran dan mendatangkan penghasilan. Dengan pola pikir ini, maka bisnis yang dijalankan akan membawa untung. Tips berikutnya adalah gunakan teknologi untuk menjangkau sebanyak-banyaknya orang; tiupkan ruh pada brand Anda; entreprenership DNA; dan bersahabat dengan ketidakpastian.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Pengusaha yang Sukses