December 9 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Pengusaha Wanita Harus Mampu Mengerem Keinginan Berbelanja

By admin1 - Wed Jun 18, 4:36 pm

Pengusaha wanita biasanya masih terganjal dengan kebiasaannya berbelanja. Pengusaha wanita biasanya tidak hanya tergoda untuk berbelanja kebutuhan pribadi tetapi juga kebutuhan dalam menjalankan sebuah usahanya. Walaupun untuk memenuhi kebutuhan usahanya sendiri, namun seringkali anggaran untuk belanja lebih banyak yang dikeluarkan bahkan melebihi omzet yang diterimanya. Hal ini yang membuat banyak pelaku usaha wanita yang sering terkena gulung tikar karena kurang mampu mengontrol perencanaan usahanya dengan baik dan benar.

Pengusaha wanitaTetapi ada cara agar pelaku usaha wanita terhindar dari boros belanja, antara lain:

  • Belajarlah untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Pengusaha wanita memang seperti wanita pada umumnya, mereka masih sulit untuk membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang keinginan. Wanita lebih sering tergoda diskon daripada pria. Meskipun sudah punya daftar barang yang harus dibeli, tetapi ketika ada diskon yang menarik, biasanya akan langsung membelinya dalam jumlah yang tidak sedikit. Inilah yang disebut dengan jebakan diskon. Untuk menyiasatinya, sebaiknya Anda membuat sendiri daftar barang belanjaan tetapi jangan pergi sendiri. Limpahkan saja tugas belanja pada karyawan Anda. Jadi peluang untuk terjadi pemborosan berkurang.
  • Ciptakan target pengeluaran setiap hari. Anda harus bisa berhemat anggaran untuk mengelola keuangan baik keuangan kantor maupun keuangan pribadi. Caranya bisa dengan memberikan target maksimal yang bisa Anda keluarkan dalam satu hari, yaitu dengan memprioritaskan untuk membeli barang-barang yang sangat penting kemudian baru barang-barang yang kurang penting untuk operasional usaha Anda. Cara ini cocok untuk Anda yang masih sering tergoda bonus dan barang cantik di luaran sana.
  • Manfaatkan hutang untuk hal yang positif, yaitu berhemat secara “terpaksa”. Berhutang tak selamanya merugikan. Kali ini berhutang bisa membuat Anda lebih cerdas dalam mengelola keuangan usaha Anda. Dengan keharusan untuk membayar cicilan hutang, maka Anda pun akan berpikir beribu kali ketika tergoda untuk berbelanja barang yang tidak diprioritaskan untuk operasional usaha Anda.
  • Cobalah untuk mulai berinvestasi. Pengusaha wanita harus mulai belajar bagaimana caranya berinvestasi, khususnya ketika semua hutang sudah lunas. Anda bisa memulainya dengan investasi yang tidak terlalu besar. Karena dengan belajar melalui investasi yang kecil, Anda pun akan meminimalisir resiko yang bisa jadi menghantui. Jika Anda masih ragu tentang jenis dan keunggulan serta kelemahan masing-masing investasi, sebaiknya segera hubungi jasa financial planner untuk membantu Anda memilih jenis yang paling tepat dengan kondisi Anda.

Jadi, jika Anda seorang wanita dan ingin memulai usaha, jangan langsung menyerah. Anda masih mempunyai kesempatan untuk bisa sukses dengan kaki Anda sendiri. Taklukkan ego dan keinginan yang berlebihan yang tidak sinkron dengan kebutuhan usaha Anda agar usaha Anda pun berjalan dengan lancar dan bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan di dunia bisnis.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513