December 9 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Pengumuman yang Wajib Ada di Label Makanan

By - Thu Sep 18, 4:35 pm

Label makanan adalah hal pertama yang dilihat oleh mereka yang jeli dalam berbelanja hal apapun, terlebih produk untuk keluarga. Label makanan bisa menjadi branding yang kuat untuk suatu produk. Sebelum membeli sebuah produk, biasanya calon konsumen membaca label produk terlebih dahulu. Label suatu produk bisa diibaratkan seperti tanda pengenal dan alat pembeda dari para pesaing. Dengan adanya label harga ini, para produsen bisa menyampaikan informasi yang lengkap kepada calon pembeli tentang legalitas, kualitas, petunjuk penggunaan, brand/ logo, kode produksi, dan lain sebagainya.

Label makananJika Anda mempunyai usaha yang bergerak di bidang makanan olahan, maka berikut ini beberapa  hal yang harus ada di label kemasan makanan Anda:

  • Nama dan/ atau brand produk Anda. Untuk memilih nama atau brand, sebaiknya Anda menambahkan jenis olahan makanan yang Anda jual plus merk dagang yang Anda pilih. Misalnya “Keripik Singkong Kingkong”. Nah di sini kata “keripik singkong” mewakili jenis produk Anda dan “Kingkong” adalah merk dagang yang Anda gunakan.
  • Berikan informasi tentang berat bersih produk Anda. Label makanan penting untuk memberikan informasi pada calon konsumen agar mereka tidak salah pilih produk. Karena suatu produk bisa dikemas dalam berbagai ukuran dan kemasan, maka informasi ini akan membantu konsumen mempertimbangkan ukuran dan jenis manakah yang akan dibelinya.
  • Berikan informasi komplit tentang produsen dan distributor produk Anda. informasi tentang asal-usul suatu produk juga biasanya menjadi pertimbangan tersendiri apakah produk tersebut layak dibeli atau tidak. Untuk produk Indonesia, yang harus diinformasikan adalah nama dan alamat produsen. Sedangkan untuk makanan impor perlu dicantumkan nama atau perusahaan yang menjadi importir atau distributor makanan tersebut.
  • Tulis semua komposisi atau bahan yang Anda gunakan dalam produksi. Jangan lupa setiap takaran komposisi juga harus disertakan agar konsumen lebih merasa lega dan percaya.
  • Lengkapi dengan legalitas produk Anda. jangan mengabaikan masalah perizinan atau legalitas produk. Beberapa legalitas yang harus Anda penuhi dan harus dicantumkan di kemasan produk antara lain izin halal dari MUI, BPOM RI atau izin yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan daerah Anda (biasanya izin ini berupa izin P-IRT).
  • Cantumkan tanggal kadaluarsa. Ini merupakan syarat wajib bagi Anda yang berbisnis di bidang makanan. Karena produk makanan olahan memang mempunyai batas waktu penggunaan. Mastarakat juga sekarang lebih pintar dalam menyeleksi produk makanan yang akan dibelinya, apakah ada tanggal kadaluarsanya atau tidak.
  • Cantumkan kode produksi. Label makanan harus ada kode produksi untuk menjelaskan tentang proses produksi makanan yang Anda lakukan pada kondisi dan waktu yang sama. Biasanya kode produksi ini berupa tanggal, bulan dan tahun pembuatan suatu produk.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513