November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Pengertian New Wave Marketing

By admin - Tue May 01, 4:22 pm

New wave marketing secara sederhana merupakan low budget high impact. New wave marketing ini membuat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk memasarkan produk dari perusahaan kita supaya laku dipasaran. Konsep ini mulai berkembang karena adanya dukungan dari perkembangan teknologi dunia maya yaitu era Web 2.0 dimana orang dapat bertukar informasi secara lebih mudah jika dibanding dengan era web 1.0.

New wave marketing

Perkembangan teknologi tidak dapat dipungkiri akan semakin mempermudah proses komunikasi dari perusahaan ke konsumen, lebih tepatnya lagi digunakan sebagai media promosi bagi perusahaan tersebut.  Melalui dunia maya perusahaan tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu besar untuk memasarkan produknya, tidak seperti sebelum era New wave dimana perusahaan harus mengeluarkan banyak biaya untuk mempromosikan produknya supaya diterima dipasaran.

New wave marketing dapat mendukung perusahaan yang biasa menggunakan strategi Word of Mouth (WOM). Dengan adanya New Wave Marketing ini tentu saja akan mempermudah jalannya informasi yang dikeluarkan perusahaan dalam mengusung strateginya. WOM ini baik sekali jka diterapkan di media social networking seperti twiiter, facebook, plurk dan juga media sosial yang lain. Kenapa seperti itu? Karena media sosial saat ini sudah menjadi media pengganti koran ataupun media elektronik lain. Hanya dengan memiliki akun, informasi apapun dapat kita dapat dari orang yang menjadi teman di akun kita. Dan tentu saja informasi yang datang dari teman akan lebih dapat dipercaya dan lebih dapat menyerap ke dalam mindset dan pemikiran seseorang.

Perusahaan hanya tinggal melakukan strategi supaya produknya menjadi bahan pembicaraan setiap orang terutama para pengguna media sosial. Ketika informasi masuk ke media sosial, informasi tersebut akan mudah meluas dan diterima oleh para pengguna media sosial. Dengan adanya New Wave Marketing ini tentu akan mempermudah strategi promosi yang dijalankan oleh perusahaan pengusung strategi WOM.  Selain media sosial banyak media lain yang dapat dijadikan sumber informasi dalam perkembangan web 2.0

New wave marketing ibarat pisau, yang memiliki 2 mata tajamnya. Keberadaan web 2.0 menjadikan ruang lingkup perusahaan dan end user menjadi tanpa batas, artinya perusahaan harus rendah hati jika produknya menjadi pujian didunia maya karena adanya jasa pelanggan yang puas, sebaliknya perusahaan harus mampu berbesar hati jika produknya menjadi bulan-bulanan di dunia maya akibat pelanggan yang tidak puas dari produk/jasa yang ditawarkan. Hal yang terpenting adalah bagaimana para public relation menyikapi berita-berita yang beredar dan membangun komunikasi yang baik dengan para konsumen, maupun calon konsumen pengguna web 2.0. Pemanfaatan web 2.0 tidak hanya dijadikan tampungan saran dan kritik dari konsumen dan calon konsumen namun dapat juga dijadikan sebagai market yaitu tempat bertemunya penjual dan pembeli yang melakukan interaksi jual beli serta tawar menawar terhadap suatu produk/jasa selain itu juga tentunya dapat dijadikan media komunikasi bagi bauran strategi produk yan ditawarkan.

Jadi pada intinya kita harus dapat sepintar mungkin mengerti keingan konsumen, perusahaan yang baik dan memperhatikan keinginan/kebutuhan konsumen tentu akan mudah berkembang seiring perkembangan web 2.0 di era New Wave ini. Jangan sampai perusahaan salah langkah sehingga memberikan boomerang bagi perusahaan itu sendiri. Dengan konsep seperti ini, Anda harus mampu memanfaatkannya dengan baik agar mencapai hasil yang maksimal dan keuntungan yang didapat juga semakin besar.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS