November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Pengembangan Bisnis Kecil dan Menengah

By admin - Fri Feb 17, 3:52 pm

Pengembangan bisnis mulai akan terpikirkan jika Anda sudah mulai melihat bahwa usaha yang Anda rintis mulai berkembang cukup pesat. Pengembangan bisnis pada awalnya biasanya hanya berupa wacana atau sekedar keinginan saja, dan di sini keberanian Anda dipertanyakan. Pada masa awal merintis usaha Anda, mungkin Anda tidak membutuhkan karyawan, persediaan, sewa-menyewa, dan lain-lain. Tetapi ketika bisnis Anda berkembang pesat, maka Anda akan terjebak oleh kesibukan yang sangat menyita waktu, uang dan tenaga.

Ada beberapa cara untuk membuat usaha kecil berkembang tanpa mengurangi keuntungan bisnis dan ketentraman. Langkah pertama adalah focus pada satu produk atau jasa, lalu pasarkan, promosikan, jual, serta lakukan tindakan apapun untuk meningkatkan penjualan. Walaupun ada hasrat untuk melakukan bisnis dengan menjual multi produk atau multi jasa untuk memenuhi kebutuhan pasar. Namun seringkali fokus pada satu atau dua produk dan melakukannya dengan sangat baik akan mengurangi resiko dan lebih menguntungkan. Langkah kedua, kembangkan lini produk untuk melengkapi produk dan jasa yang sudah ada. Jika produk yang Anda jual terbukti banyak peminat atau pembelinya, jangan lalai untuk mengambil peluang yang relevan untuk mendiversifikasi lini produk.

Pengembangan bisnis

Pengembangan bisnis juga harus memperhatikan langkah ketiga, yaitu carilah cara untuk meningkatkan penjualan kepada pelanggan yang sudah pernah mencoba produk Anda. Walaupun Anda tidak dapat mengembangkan lini produk, Anda dapat meningkatkan pendapatan dengan cara Volume Discount. Misalnya, kartu discount kunjungan, beli satu dapat dua, dan lain sebagainya. Langkah keempat, mulai untuk mempekerjakan seseorang, karyawan partimer, kontraktor independent, freelancer ataupun keluarga. Hal ini akan meringankan cash flow Anda dan juga menggunakan tenaga kerja yang berkompeten.

Langkah kelima adalah membuat website untuk mengiklankan perusahaan secara online. Sekarang Anda tidak perlu lagi membuka toko untuk menjaring pelanggan retail karena website akan sangat berguna untuk memasarkan produk Anda. Langkah keenam, join dengan pemilik bisnis lain untuk mempromosikan bisnis Anda. Berpartner dengan pemilik bisnis yang masih berhubungan adalah salah satu teknik marketing yang termurah dan termudah. Langkah ketujuh, mulai memasarkan ke pasar yang lain. Bila target pelanggan Anda adalah remaja, mulailah arahkan pada mahasiswa. Jika target market Anda adalah Ibu-Ibu pekerja, mungkin Anda juga bisa menjual produk yang dipakai di rumah dengan beberapa modifikasi. Misalnya: jika Anda menjual catering yang menjual kue-kue kecil, Anda dapat menghubungi perusahaan kue lokal dan menjual produk Anda kepadanya secara wholesale. Walaupun harganya lebih murah tetapi Anda akan memperoleh pendapatan yang lebih konsisten.

Pengembangan bisnis juga harus memeprhatikan langkah kedelapan, yaitu carilah cara baru dan berbeda untuk memasarkan bisnis Anda melalui email newsletter atau menjadi pembicara tamu di suatu instansi. Karena pada dasarnya memasarkan bisnis tidak perlu menggunakan media yang membutuhkan biaya mahal untuk memasang iklan.

Langkah kesembilan yaitu kembangkan ke lokasi lain. Hal ini bisa dengan menyewa virtual office di pusat bisnis atau menyewa bersama pemilik UKM lain. Jadi, apapun usaha Anda, Anda bisa mengembangkannya dan membuatnya lebih besar di tangan Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS