December 12 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Pengelolaan Keuangan Bagi Pasangan Baru

By admin - Wed May 23, 5:05 pm

Pengelolaan keuangan bagi pasangan baru sangat penting karena hal ini lah yang biasanya memicu permasalahan. Pengelolaan keuangan bagi pasangan baru bisa mulai dikelola dari hal yang paling kecil, seperti kehidupan sehari-hari. Keputusan yang salah tentang pembelanjaan uang berdampak besar pada tujuan jangka panjang. Apabila berasumsi hubungan stabil, Anda dan pasangan bersama-sama merencanakan pengeluaran jangka panjang seperti membeli rumah. Berikut ini tips investasi dan keuangan bagi pasangan muda.

Pengelolaan keuangan bagi pasangan baru

Tips pertama adalah budget. Anggaran menjadi bagian penting dari rencana keuangan. Anda harus jujur bagaimana uang dibelanjakan. Beri perhatian khusus pada biaya bulanan tetap. Kontrol keuangan adalah bagian penting investasi jangka panjang. Tips kedua adalah utang. Menghilangkan utang non-tax-deductible termasuk pinjaman melalui jalur kredit menjadi perhatian utama bagi pasangan muda. Sebab mereka harus memprioritaskan untuk membeli rumah. Jika pendanaan sejumlah kebutuhan utama bertumpu pada kartu kredit, konsolidasikan utang menjadi pinjaman rendah bunga.

Pengelolaan keuangan bagi pasangan baru juga termasuk rumah dan pensiun. Prioritas utama pasangan muda adalah membeli rumah. Kumpulkan uang muka tanpa meninggalkan perencanaan tabungan pensiun. Setiap uang tambahan di luar pembayaran hipotek harus diinvestasikan dalam rencana tabungan pensiun dan bukan disimpan dalam rekening investasi sederhana.

Untuk pengelolaan keuangan ini, sebaiknya dibicarakan dengan konsultan atau perencana keuangan dan harus dilakukan menjelang pernikahan. Sayangnya, pemeriksaan keuangan pranikah belum menjadi prioritas atau bahkan belum banyak pasangan yang memiliki kesadaran untuk mendiskusikan keuangan sebelum memasuki bahtera rumah tangga. Padahal, financial check up, yang lebih menekankan pada diskusi dan keterbukaan mengenai keuangan punya pengaruh besar terhadap kehidupan pernikahan dan rumah tangga. Tidak adanya keterbukaan pasangan mengenai keuangan menyulitkan keduanya dalam menjalani rumah tangga. Karena, pengeluaran dan kebutuhan seseorang saat menikah berbeda dengan ketika ia masih lajang. Meskipun, rumah tangga dibiayai oleh penghasilan ganda dari pasangan yang keduanya bekerja, bukan berarti kondisi finansial Anda sudah baik. Apalagi jika pasangan menikah tidak memiliki tujuan finansial dan visi yang sama dalam menjalani rumah tangga.

Pengelolaan keuangan bagi pasangan baru sangat perlu dibicarakan, bahkan saat merencanakan pernikahan. Jangan menganggap masa depan terjamin hanya karena pasangan punya gaji besar. Kalau punya gaji besar tapi hobi belanja, nonton konser dan lainnya, tak akan ada artinya. Pemeriksaan keuangan pranikah sebenarnya membahas topik yang sama dengan pasangan menikah yang sedang merencanakan keuangan. Topiknya sama, namun bedanya, pasangan mendapatkan manfaat lebih jika perencanaan keuangan dilakukan sedini mungkin bahkan sebelum menikah.

Pembicaraan finansial pranikah menyangkut jumlah penghasilan dan pengeluaran masing-masing individu, termasuk berapa utang masing-masing individu yang perlu diketahui sebelum menikah. Dengan begitu setelah menikah, pasangan dapat merencanakan dan mengelola keuangan lebih baik lagi. Keterbukaan finansial penting bagi pasangan. Banyak orang yang semasa pacaran tidak mengetahui persis kebiasaan pasangannya dalam mengelola uang. Boleh jadi saat pacaran, si dia rajin membelikan hadiah istimewa untuk Anda, tapi menggunakan kartu kredit. Lalu setelah menikah, si dia memiliki utang kartu kredit yang banyak, dan Anda mau tak mau turut menanggungnya. Karena bagaimana pun ketika berumah tangga, masalah keuangan menjadi tanggung jawab bersama. Hal seperti ini jika tidak dibicarakan, akan memberikan dampak buruk bagi kondisi finansial saat menikah. Keterbukaan membicarakan keuangan dan merencanakan finansial sejak dini, memudahkan Anda untuk menjalani bahtera rumah tangga ke depannya karena hidup lebih terencana, bebas dari masalah finansial masa lalu dan bersiap menyambut masa depan bersama pasangan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS