November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Usaha yang Crunchy? Keripik Sayuran Pilihannya

By admin - Mon Feb 04, 4:57 pm

Keripik sayuran bukanlah hal yang baru di pasar Indonesia. Keripik sayuran bahkan sudah banyak yang dijadikan makanan favorit sebagian masyarakat. Hal inilah yang membuat kita harus lebih peka untuk melihat peluang apapun yang ada di sekitar kita. Inovasi pun bisa tercipta dari hal-hal kecil yang ada di sekitar kita. Jika di pasaran sudah banyak yang menjual produk makanan ringan dari bahan sayuran, maka Anda juga bisa berinovasi dengan bahan-bahan lain yang ada di sekitar Anda. Misalnya keripik Lombok ijo, keripik jamur, peyek daun sirih, peyek bayam, dan lain sebagainya.

Keripik sayuranBisnis ini bahkan bisa dilakukan dari rumah, yang cocok dijalankan oleh Ibu rumah tangga atau mahasiswa yang ingin menambah penghasilan. Beragam camilan yang Anda jual sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Misalnya Anda menyukai kegiatan masak-memasak, maka Anda bisa menyikapinya untuk menjadikan hobi itu sebagai bisnis yang menguntungkan. Dimana-mana, keripik sayur seakan tidak ada matinya. Keripik jenis ini selalu laris manis karena enak dan mempunyai kandungan gizi.

Keripik sayuran yang Anda ciptakan harus mempertimbangkan dan menjaga tingkat kerenyahan keripik, kualitas rasa, tanpa penggunaan MSG dan pengawet serta originalitas produk. Untuk harga yang ada di pasaran bisa Anda jadikan patokan untuk menjual produk Anda, tetapi tetap disesuaikan dengan modal dan biaya produksi Anda. Misalnya Anda menjual produk Anda mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 7.000 untuk per bungkusnya. Sedangkan untuk harga per kilogramnya, Anda bisa menjualnya dengan harga Rp 80.000.

Strategi pemasaran juga sangat penting untuk menghasilkan penjualan yang Anda harapkan. Terutama jika Anda berinovasi terhadap produk yang Anda inginkan, misalnya Anda memproduksi produk kerpiki Lombok ijo yang notabene belum banyak ditemukan di pasaran, maka Anda harus bisa membuat masyarakat merasa penasaran dengan produk Anda. Anda bisa mulai memasarkannya dengan cara door to door dengan harga ecer per bungkus sampai memasarkannya melalui media online.

Keripik sayuran yang Anda buat juga bisa anda ikutkan dalam pameran produk local yang ada di daerah Anda dan sekitarnya untuk lebih memperkenalkan produk Anda. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, Anda bisa melakukan pemasaran secara online. Selain itu, manfaatkan media online juga untuk berkomunikasi dengan konsumen agar lebih mudah. Jika memang omset yang diharapkan sudah tinggi, Anda bisa membuat workshop untuk kemudian mewadahi kreativitas Ibu-Ibu yang ada di sekitar tempat produksi Anda. Jadi, home industry Anda juga bisa berperan untuk memberdayakan Ibu-Ibu di sekitar.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS