November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Usaha Toko Buku Bekas

By admin - Mon Jul 16, 4:34 pm

 

Peluang usaha toko buku bekas apakah bisa diambil? Apakah bisa dikembangkan dan bisa menguntungkan? Tentu saja bisa, tinggal bagaimana kita mengelolanya dan membuat strategi yang tepat. Peluang usaha toko buku bekas sudah mulai sangat tinggi di lingkungan masyarakat, khususnya di lingkungan mahasiswa yang membutuhkan banyak sekali buku tetapi dengan budget minimal. Selain itu, bukan hanya karena factor budgeting saja yang membuat masyarakat memburu buku bekas, tetapi juga karena mencari buku lama yang sudah tidak diproduksi lagi. Mau tidak mau, satu-satunya cara untuk mendapatkan buku langka tersebut adalah dengan membeli di toko buku bekas walaupun kondisnya sudah bukan buku baru lagi.

Peluang usaha toko buku bekas

Bisnis ini juga tidak kalah dengan bisnis buku baru, karena prospek yang ditawarkan juga semakin bagus dari hari ke hari. Karena semakin langka buku bekas yang dijual, maka akan semakin tinggi juga harga jual buku tersebut dan bahkan bisa melebihi harga jual buku baru. Menggiurkan bukan? Tetapi bukan berarti Anda harus menjual buku-buku bekas yang langka saja karena peluang buku bekas yang tidak langka pun sudah diburu banyak sekali pembeli karena harganya yang murah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir atas persepsi negative untuk buku bekas karena toh kenyataannya, masih banyak masyarakat yang mencari buku bekas.

Peluang usaha toko buku bekas akan memberikan double strike, yaitu mempunyai omset yang cukup besar dan juga mendapatkan informasi gratis dari buku-buku yang dijual. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan untuk memulai usaha toko buku bekas. Tips pertama adalah dengan menyiapkan modal. Karena modal akan berpengaruh pada konsep toko buku bekas yang akan Anda dirikan. Jika modal Anda terbatas, maka Anda bisa memanfaatkan kios buku di pinggir jalan dengan harga yang lebih murah. Sedangkan jika Anda mempunyai modal yang lebih banyak, ruangan ukuran 5×5 juga sudah bisa memulai toko buku bekas.

Tips yang kedua adalah dengan menentukan buku apa saja yang akan Anda jual. Anda harus membuat spesifikasi buku yang Anda jual, misalnya buku hiburan seperti novel dan komik, buku pelajaran, buku sastra, atau berbagai macam kategori buku. Tetapi untuk membidik pangsa pasar yang lebih spesifik, sebaiknya Anda memilih satu kategori buku saja. Tetapi jika Anda ingin memperluas target pasar, Anda bisa membuka toko buku bekas dengan semua kategori buku. Jadi, pasar akan tepat mengunjungi toko buku Anda. Tips ketiga adalah dengan mencari stok buku bekas. Hal ini bisa dilakukan dengan mendatangi beberapa penerbit, seperti yang dilakukan oleh toko buku baru. Anda harus mencari langganan di beberapa kota besar, misalnya pasar Johar di Semarang, pasar buku bekas Shopping Center di Jogjakarta, kawasan buku bekas Merdeka di Medan, dan kawasan Kwitang Senen di Jakarta Pusat.

Peluang usaha toko buku bekas juga bisa direalisasi dengan tips yang empat, yaitu dengan menentukan strategi promosi yang tepat. Agar toko Anda diketahui oleh masyarakat luas, Anda harus benar-benar menerapkan strategi pemasaran yang tangguh dan tepat guna. Anda bisa memasang spanduk yang besar di depan lokasi toko buku bekas Anda. Jadi, bagi masyarakat yang melewati jalan tersebut akan menyerap informasi tersebut dan akhirnya datang ke toko Anda. tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan masyakat mencari buku bekas daripada buku baru karena harganya yang murah.

Tips kelima adalah dengan melengkapi koleksi buku bekas yang Anda tawarkan. Biasanya, buku bekas yang paling laris diserbu oleh pembeli adalah novel, komik, majalah, buku sastra lama, majalah dan buku luar negeri, dan buku pelajaran. Usahakan mencari buku bekas yang layak dan yang banyak dicari konsumen. Hal ini untuk mendapatkan harga jual yang tinggi. Tips keenam adalah dengan menanam minat baca dalam diri Anda. Karena dengan mempunyai kecintaan terhadap buku, secara instintif Anda akan mampu menyeleksi jenis buku mana saja yang menarik minat konsumen. 

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS