November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Usaha Sampingan Juice Buah

By admin - Wed Feb 01, 3:24 pm

  • Comments Off on Peluang Usaha Sampingan Juice Buah
  • 1208 views
  • Email
  • Print

Peluang usaha sampingan ada berbagai macam jika Anda mau cermati dengan seksama. Peluang usaha sampingan bisa diambil dari banyak contoh yang sudah ada di sekitar Anda kemudian pilih yang paling pas. Tapi ada satu contoh bisnis usaha sampingan yang bisa Anda jadikan sebuah wacana, yaitu usaha juice buah. Akhir-akhir ini Anda mungkin sering melihat outlet-outlet usaha juice buah bermunculan. Dan banyak yang tidak tahu kapan persisnya tren peluang usaha sampingan juice buah ini mulai.

Tetapi walaupun usaha ini terlihat sederhana, Anda tetap harus benar-benar menyiapkan usaha Anda dengan matang. Jika Anda gigih mempertahankan dan meningkatkan usaha Anda, usaha juice Anda pasti berkembang pesat bahkan bisa jauh di atas harapan. Outlet usaha juice buah yang Anda kelola harus terlihat berbeda dengan oulet-outlet usaha juice buah yang lainnya. Kalau yang lain menggunakan gerobak yang dihiasi “warna-warni” yang indah, outlet milik Anda bisa didesain terlihat lebih kalem. Tapi kebersihannya sangat kentara. Mulai dari wadah pencuci buah, serbet, pisau hingga blendernya sangat dijaga kebersihannya. Tidak hanya itu, cara membuat juice-nyapun harus bersih dan higienis. Mulai dari celemek buat pegawai Anda hingga kebiasaan selalu mencuci tangan setelah buahnya selesai diblender. Menu yang Anda tawarkan bisa saja hampir sama dengan usaha juice buah lainnya. Tapi Anda tetap harus membuat dua sampai tiga menu yang berbeda. Misalnya juice tape ketan.

Peluang usaha sampingan juice buah ini harus mempunyai nilai plus dibandingkan dengan outlet juice buah yang lain. Tapi nilai lebih yang paling utama dari usaha juice buah adalah rasa juice-nya yang lebih manis, lebih kental dan lebih banyak porsinya. Misalnya, Anda membuat juice mangga. Anda bisa memasukkan 1 buah mangga besar ke dalam mesin blender. Buah yang lain juga begitu, jadi jumlah takarannya pas. Dan lagi, harga yang dikenakan untuk pelanggan usaha juice buah Anda juga harus pas. Empat ribu untuk juice original dan 5 ribu untuk juice campuran. Cocok untuk mahasiswa.

Di sini, Anda dituntut untuk paham segmentasi pasar untuk melakukan semuanya dengan sangat pas. Mungkin insting bisnis Anda akan lebih berjalan dan terasah ketika Anda mulai melihat peluang usaha sampingan tersebut berjalan. Untuk lokasi, Anda tidak harus memilih di pinggir jalan utama. Sebaliknya, Anda justru bisa memilih lokasi yang masuk ke kampung yang banyak terdapat kos-kosan. Target yang Anda bidik bukan lagi orang yang lalu lalang di jalan, tapi mahasiswa dan orang yang ada di sekitarnya.

Peluang usaha sampingan juice buah ini akan sangat diminati konsumen, terutama mereka yang mahasiswa. Anda harus paham bahwa kebiasaan mahasiswa kalau pulang ke kos adalah cari minuman segar untuk dibawa pulang ke kamarnya. Jadi Anda tidak hanya dituntut pintar melihat peluang usaha sampingan, tapi juga bisa membaca situasi.

Wadah juice yang Anda gunakan juga harus berbeda dari yang lainnya. Kalau yang lainnya menggunakan gelas plastik, Anda bisa menggunakan plastik putih biasa dengan ketebalan yang cukup. Karena terkadang banyak pelanggan yang terkadang tidak mau menggunakan gelas plastik karena juicenya mudah tumpah di jalan. Selain itu, juice yang ditempatkan di gelas plastik lebih sedikit dibandingkan dengan yang dibungkus plastik.

Berikut adalah simulasi usaha juice buah yang dapat Anda praktekkan:

Simulasi Keuntungan 1 Bulan:

Pemasukan
Omset : 100 jus x Rp 4.500,00 x 30 = Rp 13.500.000,00

Pengeluaran
Buah-buahan, gula, plastik : Rp 7.500.000,00
Sewa tempat, listrik dan air : Rp 500.000,00
Gaji karyawan 2 orang x Rp 500.000,00 : Rp 1.000.000,00
Transportasi : Rp 300.000,00
Total pengeluaran = Rp 9.300.000,00

Keuntungan bersih
Rp 13.500.000,00 – Rp 9.300.000,00 = Rp 4.200.000,00

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Peluang Usaha Sampingan Juice Buah