October 31 2014
  • 1
Jakarta, ID - 33 °CPartly Cloudy - Humidity: 55%
Advertisement

Peluang Usaha Pengawetan Bambu

By admin - Fri Jan 18, 4:58 pm

Pengawetan bambu bisa menjadi salah satu peluang usaha yang omzetnya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Pengawetan bambu dilakukan untuk bahan baku kerajinan. Tetapi sekarang ini bambu tidak hanya digunakan untuk kerajinan tetapi juga untuk bahan bangunan dan juga material yang sifatnya sementara. Bambu ternyata bisa menjadi material permanen yang bisa digunakan dalam waktu yang lama. Yaitu dengan pengawetan, bambu bisa mempunyai daya tahan yang lebih lama.

Pengawetan bambuIndonesia sendiri kaya akan sumber daya alam yang sangat melimpah. Pohon bambu juga termasuk kekayaan alam yang melimpah ruah di tanah Indonesia. Untuk itulah tidak ada salahnya Anda untuk mencoba peluang usaha yang bahannya sudah disediakan oleh alam. Cobalah untuk mengelola kekayaan alam secara maksimal agar kesejahteraan bisa lebih mudah Anda raih. Biasanya bambu hanya digunakan untuk menyangga bangunan selama 3-6 bulan saja kemudian diganti dengan yang lebih permanen. Padahal sebenarnya bambu juga bisa dijadikan bahan material bangunan yang bersifat permanen dan bisa bertahan sampai puluhan tahun.

Pengawetan bambu untuk prosesnya berfungsi agar bisa menghasilkan bambu dari gangguan kumbang bubuk. Biasanya yang digunakan adalah bambu jenis bambu wulung, bambu apus, bambu tutul dan juga bambu petung. Selain berkonsentrasi pada proses pengawetan, Anda juga bisa membuka usaha dengan melayani pembuatan konstruksi bambu (desain sampai proses pembangunan konstruksinya) dan juga pelatihan keterampilan bambu (budidaya, pengawetan dan juga konstruksi).

Jika Anda masih ragu untuk apa material konstruksi bambu ini? Mungkin Anda membutuhkan sedikit gambaran, misalnya untuk rumah, gazebo, panel dan pagar, jembatan, lantai bambu dan lain sebagainya. Jika Anda mempunyai kemauan yang keras, Anda bisa mengusahakan agar usaha Anda ini bisa sampai pasar luar negeri, karena pasar luar negeri juga sangat meminati produk seperti ini. beberapa Negara yang bisa Anda bidik antara lain Filipina, Malaysia, Thailand, Australia, Maladewa dan beberapa Negara-negara tetangga yang mempunyai prospek bagus.

Pengawetan bambu ini bisa tahan sampai puluhan tahun. Untuk bahan baku bambu sendiri Anda bisa mencarinya di sekitar daerah Anda atau di beberapa daerah yang masih kaya akan populasi bambu, misalnya Wonosobo, Purworejo, Tasikmalaya, dan lain sebagainya. Jika dikerjakan secara serius dan dengan bantuan para karyawan, Anda bisa memproduksi bambu awetan sampai 3.000 batang bambu untuk setiap bulan. Harga jual juga bisa Anda bandrol dengan harga yang beragam, misalnya untuk bambu jenis apus, Anda bisa membandrol Rp 24.000; untuk jenis bambu petung Anda bisa membandrol Rp 100.000- Rp 120.000; sedangkan untuk bambu wulung Anda bisa wulung Anda bisa memberikan harga Rp 27.000 per batang. Untuk strategi pemasaran, Anda bisa memanfaatkan media online dan offline. Misalnya 90% menggunakan strategi online dan sisanya 10% dilakukan dengan mengembangkan jaringan secara offline.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement