November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Usaha Musiman

By admin - Wed Aug 01, 4:04 pm

 

Peluang usaha musiman jika diagendakan dengan baik dan dijalankan dengan tepat maka akan memberikan keuntungan yang sangat tinggi, tidak kalah dari usaha permanen. Peluang usaha musiman di bulan Ramadhan seperti ini juga menawarkan keuntungan yang berlipat ganda. Berkah di bulan Ramadhan yang dating satu tahun sekali ini tentu saja saying sekali untuk dilewatkan. Banyak sekali usaha musiman yang bermunculan untuk menyambut ramainya pasar di bulan Ramadhan. Itulah mengapa banyak sekali bermunculan pasar kaget yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Muslim di Indonesia.

Peluang usaha musiman

Jika Anda ingin memulai usaha musiman ini, Anda harus yakin dulu bisnis apa yang sedang digandrungi oleh masyarakat. Untuk melihat pangsa pasar apa saja yang laris manis, Anda bisa melakukan survey dari Ramadhan tahun lalu. Atau Anda bisa survey di bulan Ramadhan tahun ini untuk membuka bisnis musiman tahun depan. Berikut adalah beberapa contoh peluang usaha musiman yang bisa Anda manfaatkan dengan baik. Peluang pertama adalah bunga tabor. Peluang usaha ini berkaitan dengan tradisi nyekar atau ziarah menjelang puasa dan Idul Fitri. Pada awal memasuki bulan puasa, biasanya permintaan bunga tabor melonjak sampai 3 kali lipat, dan permintaan ini akan semakin bertambah ketika memasuki Lebaran dan setelah Lebaran. Jika Anda mampu menjalankan peluang usaha ini, maka omset jutaan rupiah per hari bisa masuk ke kantong Anda.

Peluang usaha musiman yang kedua adalah makanan berbuka puasa. Sudah menjadi tradisi apabila menjelang buka puasa, masyarakat akan ngabuburit dan akhirnya melepas puasa dengan makan makanan yang istimewa, bisa memasak sendiri maupun itulah sebabnya banyak sekali penjajak makanan mulai menjamur, terutama di sekitar tempat keramaian, misalnya aun-alun, sekitar kampus, taman kota, dan lain sebagainya. Anda juga bisa ikut meramaikan peluang bisnis ini. Tidak harus menjual makanan berat, makanan ta’jil pun laris manis diserbu pembeli. Di beberapa pasar kaget pasti akan Anda temui banyak sekali penjual ta’jil yang menggugah selera. Dan Anda bisa mengusahakan untuk bisa menjadi salah satu dari mereka.

Makanan yang biasanya dijual pada pasar kaget diantaranya adalah panganan untuk berbuka dan sahur, misalnya es campur, kolak, es dawet, kue talam, kelapa muda, dadar gulung dan kurma. Permintaan kurma juga pastikan akan melonjak tajam karena kurma adalah salah satu makanan berbuka puasa yang paling digemari oleh masyarakat dan merupakan sunnah Rasul untuk berbuka dengan kurma. Untuk menarik pembeli, Anda bisa memberikan nama yang aneh untuk produk Anda. Walaupun misalnya sama-sama menjual es kelapa muda, tetapi Anda harus memberi nama yang unik agar mudah diingat dan membuat orang tertarik apda dagangan Anda.

Peluang usaha musiman yang ketiga adalah bisnis busana Muslim dan perlengkapan ibadah. Di bulan puasa, perlengkapan ibadah selalu laris manis. Karena kebanyakan masyarakat menginginkan busana dan perlengkapan yang baru. Permintaan ini akan semakin bertambah ketika menjelang hari Raya Idul Fitri. Anda bisa memanfaatkan trend yang saat ini sedang ramai dibicarakan. Misalnya jilbab dan mukena lukis, baju abaya ala Syahrini, dan lain sebagainya. Karena akan banyak sekali pesaing, maka Anda juga harus mampu tampil unik dan kreatif. Untuk tempat, Anda bisa memanfaatkan rumah, kantor, pasar kaget ataupun di tempat-tempat keramaian dimana banyak orang yang ngabuburit, seperti alun-alun kota, taman kota, dan lain sebagainya.

Peluang yang keempat adalah catering. Usaha catering memang tidak ada matinya, terlebih jika Anda mampu meyakinkan pelanggan untuk bisa memberikan yang terbaik. Anda bisa menawarkan catering pada saat sahur dan berbuka ke beberapa instansi pemerintah, perusahaan swasta, kos-kosan, kontrakan dan lain sebagainya. Anda harus giat menyebarkan brosur untuk menggaet konsumen.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS