November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Usaha Mandiri untuk Mahasiswa

By admin - Tue Feb 14, 3:51 pm

Peluang usaha mandiri untuk mahasiswa harus yang simple dan tidak mengganggu aktivitasnya dalam perkuliahan dan organisasi. Peluang usaha mandiri untuk mahasiswa merupakan masa transisi sebelum benar-benar menginjakkan kaki di dunia kerja yang sesungguhnya. Mahasiswa merupakan agen of change dari masa ke masa. Karakternya yang sudah mulai terbentuk menuntutnya untuk senantiasa menjadi leader. Termasuk tekad untuk hidup mandiri terpatri dalam setiap jiwa para mahasiswa. Hidup mandiri berarti melakukan manajemen sendiri, mengatur segala rona kehidupan dari mulai hal pribadi sampai umum.

Independensi mahasiswa diantaranya dicirikan dengan kemandirian finansial yang tidak lagi tergantung kepada orang tua. Banyak peluang usaha yang dilakukan oleh mahasiswa untuk belajar hidup mandiri. Usaha tersebut tentunya tidak meghambat mereka dalam perkuliahan. Usaha mandiri yang dilakukan bersifat tidak mengikat dan bisa dikerjakan diluar waktu perkuliahan atau usaha sampingan tetapi mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Berikut usaha-usaha mandiri yang biasa dilakukan oleh mahasiswa tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Peluang usaha mandiri

Peluang usaha mandiri yang dilakukan mahasiswa bisa berupa melakukan usaha penjualan pulsa. Meskipun untungnya tidak besar, tetapi di sinilah mereka diasah untuk bisa bersabar dalam berusaha. Namun dilihat dari segi perputaran transaksi, bisnis pulsa ini terbilang usaha yang sangat aktif. Karena setiap oarang pasti membutuhkan pulsa untuk komunikasi, bahkan kebutuhan ini telah menggeser kebutuhan untuk pokok untuk makan. Ada lagi usaha yang dilakukan oleh mahasiswa adalah berjualan makanan ringan di kampus. Momen ini dimanfaatkan oleh sebagian mahasiswa karena mengingat banyak para mahasiswa yang tidak memperhatikan jadwal makannya setiap hari, baik itu sarapan atau makan siang. Berjualan makanan ringan dengan harga murah dijamin akan banyak diminati oleh para mahasiswa. Modal usaha berjualan makanan ini bisa berasal dari diri sendiri dengan cara membuat penganan sesuai selera mahasiswa. Akan tetapi jika tidak ada waktu untuk membuat sendiri penganan tersebut, ada beberapa agen makanan yang menyediakan beberapa jenis makanan seperti kue-kue, minuman, dan makanan berat yang sudah dikemas. Jika ada yang berminat untuk usaha berjualan di kampus, maka tinggal mengambil sejumlah makanan dari agen untuk dijualkan. Keuntungan yang di dapat biasanya ditentukan oleh pihak agen, misal dari setiap satu jenis makanan yang laku terjual dihargai Rp. 500,-.

Peluang usaha mandiri untuk mahasiswa tidak hanya berjualan pulsa dan kue. Karena disamping itu, masih banyak usaha-usaha yang dilakukan oleh mahasiswa untuk berikhtiar hidup mandiri. Dengan eksplorasi pengetahuan melalui dunia tulis-menulis yang hasilnya ditawarkan kepada penerbit bisa mengundang penghasilan yang cukup besar dari royalti buku-buku yang terjual.

Selain itu, eksplorasi pengetahuan bisa juga melalui pengajaran privat bagi siswa SD-SMA. Usaha ini bisa memilih, membuka sendiri lembaga bimbingan belajar, atau Anda yang melamar ke lembaga belajar untuk mengajar di sana. Penghasilan dari aktivitas ini terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pada intinya, apapun usaha yang dilakukan oleh mahasiswa diluar waktu kuliahnya merupakan ajang untuk belajar memaknai kehidupan agar bisa melihat lebih luas lagi bahwa kehidupan bukan hanya sekedar belajar di kelas. Tetapi setelah kuliah yang dihadapi adalah fleksibilitas sistem sosial yang menuntut jiwa kemandirian.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS