October 30 2014
  • 1
Jakarta, ID - 29 °CPartly Cloudy - Humidity: 70%
Advertisement

Peluang Usaha Makanan A la Kaki Lima

By admin - Tue Jan 24, 4:42 pm

Peluang usaha makanan a la kaki lima walaupun terlihat sederhana tetapi mempunyai keuntungan yang sangat menjanjikan jika Anda peka dan jeli tentunya. Peluang usaha makanan tetap harus diperhatikan segala macam detailnya sekecil apapun usaha itu. Dengan menjalankan kiat peluang usaha kaki lima ini diharapkan usaha sekecil apapun dapat menciptakan keuntungan yang membuat Anda tersenyum. Berikut kiat peluang usaha makanan dan minuman yang banyak digunakan pengusaha a la kaki lima.

Kiat pertama adalah membuat catatan keuangan usaha. Setiap usaha seharusnya memiliki catatan keuangan, meskipun hanya catatan sederhana. Catatan keuangan tersebut dapat digunakan untuk mengetahui dengan pasti jumlah modal, biaya operasional sehari-hari yang dikeluarkan, dan keuntungan yang diperoleh. Selain itu, catatan keuangan dapat berfungsi pula sebagai control untuk mengetahui berapa jumlah yang bisa disimpan dan berapa jumlah yang harus digunakan untuk pengembangan usaha di esok hari.

Peluang usaha makanan juga akan menjadi lebih berhasil dengan kiat usaha kedua, yaitu mempunyai menu andalan yang tidak dimiliki oleh pedagang lainyya. Hal ini merupakan kiat peluang usaha yang sangat jitu untuk diterapkan. Tentu, persaingan kadang menjadi hambatan utama bagi perkembangan usaha apapun bidangnya. Semakin banyak menu andalan yang Anda punya semakin besar pula peluang usaha Anda untuk dilirik orang lain dan akhirnya menghasilkan keuntungan yang diharapkan. Biasanya tempat usaha dikenal karena menu andalannya, terutama yang menyajikan berbagai menu. Misalnya usaha aneka es buah. Es telernya bisa dijadikan menu andalan. Tidak sedikit nama usaha yang terkenal berasal dari nama menu andalan di tempat usaha itu.

Kiat ketiga adalah mengelola karyawan dengan benar. Ini termasuk kiat usaha paling penting karena berpengaruh terhadap kelangsungan usaha yang Anda kelola. Jumlah karyawan yang dimiliki harus sesuai dengan besar kecilnya usaha. Jangan terlalu banyak kalau usaha Anda masih kecil. Jangan juga pelit dalam menambah jumlah karyawan setelah Anda merasa bahwa usaha Anda terus berkembang dari hari ke hari. Buatlah aturan yang jelas mengenai hak dan kewajiban para karyawan. Mereka harus mengetahui hak dan kewajiban yang mereka sejak awal bahkan sebelum mereka mendapatkan pekerjaan dari Anda.

Peluang usaha makanan juga harus menerapkan kiat keempat, yaitu tepat dan cermat dalam menentukan harga jual Anda. Anda bisa memantau harga dari para saingan dengan berpura-pura menjadi pembeli disana. Mengingat persaingan dagang yang cukup ketat maka Anda harus pintar dalam menentukan dan memastikan harga jual makanan dan minuman bersaing dengan penjual makanan dan minuman yang lainnya. Sebagian penjual makanan dan minuman kaki lima tidak ada mencantumkan harga di daftar menu mereka. Sebaiknya hal ini Anda hindarkan. Selain membuat pembeli bertanya-tanya dalam hati, juga membuat pembeli ragu untuk memesan berbagai menu karena tidak ada harga yang tercantum. Selain itu juga bisa menimbulkan kekecewaan pembeli, ketika harga yang diberikan ternyata jauh berbeda dengan perkiraan mereka.

Kiat kelima adalah menyisihkan keuntungan untuk pengembangan usaha. Mungkin inilah kiat peluang usaha dari usaha apapun yang paling membutuhkan pengorbanan untuk dilaksanakan. Keuntungan yang ada baiknya disisihkan dan tidak difoya-foyakan. Dengan berkembangnya usaha maka berkembang pula keuntungan yang didapatkan. Bersabarlah sampai jumlah yang didapat dari usaha Anda mencapai batas tertentu maka kesempatan Anda untuk menikmati hasil bukan tidak mungkin Anda rasakan. Hal yang paling utama harus Anda lakukan dan jangan dianggap sepele adalah kebersihan dan kerapihan dari tempat usaha sampai cara penyajian di tempat usaha Anda. Kebersihan menjadi faktor yang sangat penting bagi usaha makanan dan minuman.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement