November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Usaha Mahasiswa Semester Tua

By admin - Thu Nov 14, 4:13 pm

Mahasiswa semester tua atau semester akhir biasanya mulai bingung untuk mencari part time job. Mahasiswa semester tua biasanya mulai berkurang aktivitasnya di dunia perkualiahan. Karena kesibukannya di kampus sudah mulai berkurang banyak dan untuk mempersiapkan dirinya di dunia kerja ketika lulus nanti, maka niat bekerja sudah mulai tertanam. Tetapi ternyata tidak hanya kerja part time saja yang bisa dilakukan karena memulai bisnis sampingan juga bisa dijalankan.

Mahasiswa semester tuaUntuk urusan modal memang mahasiswa masih kalah dengan para pengusaha besar yang ada di sekitarnya. Tapi jangan jadikan hal ini sebagai halangan untuk membuka usaha kecil-kecilan. Karena tidak sedikit dari usaha kecil-kecilan itu yang kemudian menjelma menjadi usaha yang mempunyai omzet lumayan dan merambah ke pangsa pasar yang lebih besar. Bahkan dengan adanya internet yang semakin menggeliat, maka kemampuan pemasaran juga akan semakin mumpuni.

Mahasiswa semester tua tidak akan kehilangan sentuhan kreativitasnya, termasuk ketika memulai bisnis. Salah satu ide bisnis yang bisa Anda manfaatkan adalah membuka usaha sablon kaos dengan kreativitas anda sendiri, bisa dengan kata-kata yang unik atau dengan karikatur sesuai pesanan. Jika Anda tidak memahami desain, Anda bisa bekerja sama dengan teman Anda yang pintar desain atau yang berasal dari jurusan desain. Dengan begitu, modal akan lebih ringan karena bisa dibagi dengan teman. Tetapi untuk pembagian keuntungan harus benar-benar dibuat perhitungan yang jelas dan tepat di awal usaha agar tidak ada perpecahan atau permasalahan internal.

Target market untuk usaha kaos ini juga cukup luas. Karena fashion memang tidak pernah ada matinya, terlebih kaos. Mahasiswa memang kreatif dan menyukai kreativitas. Dengan memperkenalkan kaos yang unik dan menarik, maka Anda bisa menyasar pasar anak muda yang ada di kalangan kampus Anda. selain itu, Anda juga bisa membuka online store usaha Anda sehingga proses pemasaran lebih luas jangkauannya. Tidak hanya mematok pangsa pasar anak muda saja tetapi dengan adanya internet, anda bisa membuat kaos untuk anak-anak sampai orang dewasa.

Mahasiswa semester tua yang memulai bisnis kaos juga sebaiknya tetap waspada karena persaingan di dunia bisnis kaos tidak sedikit. Persaingan yang ketat ini sebaiknya membuat Anda dan tim lebih semangat untuk memompa kreativitas dan menciptakan ide-ide unik dan menarik untuk menarik minat konsumen. Hindari meniru produk lain karena akan membuat konsumen enggan melirik produk Anda.

Konsumen menyukai orignalitas suatu produk. Sekali mereka tahu bahwa suatu produk menjiplak produk lain, maka hilanglah kepercayaannya pada produk tersebut. Ciptakan kaos eksklusif tetapi masih bisa dijangkau semua kalangan. Selamat mencoba.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS