December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Usaha Jamur Tiram

By admin - Thu Jun 07, 5:29 pm

Peluang usaha jamur tiram terbukti sangat menguntungkan. Peluang usaha jamur tiram sangat terbuka lebar karena mudahnya cara budidaya jamur, harga jual yang stabil serta permintaan yang terus meningkat. Hal tersebut lah yang kemudian meningkatkan jumlah petani jamur tiram. Selain gizinya yang tinggi, penampilannyapun sangat menarik hati. Penampilannya putih bersih dan menarik semakin menggugah keinginan masyarakat untuk menikmatinya. Rasanya sangat lezat, hampir sama dengan daging ayam.

Peluang usaha jamur tiram

Membudidayakan jamur tiram ini bisa di”sambi” dengan pekerjaan yang lain. Misalnya Anda sudah bekerja kantoran tetapi ingin mempunyai usaha yang lain, maka Anda bisa memilih budidaya jamur sebagai pilihan. Walaupun pada awalnya usaha Anda masih kecil, tetapi nanti pasti akan berkembang seiring dengan waktu dan usaha Anda. karena kenyataannya, usaha jamur tiram yang masih kecil pun sudah mampu memberikan tambahan penghasilan untuk Anda. Bahkan banyak sekali para pembudidaya jamur tiram yang mempunyai omzet sampai puluhan juta rupiah. Jadi, hanya dalam beberapa bulan saja sudah balik modal.

Peluang usaha jamur tiram bisa Anda pelajari dengan melakukan survey ke petani pembudidaya jamurtiram. Dari sana, Anda bisa belajar bagaimana cara untuk membudidayakannya. Agar Anda lebih luwes dan komplit mendapatkan informasi, Anda bisa melakukan survey di petani jamur tiram yang skala produksinya lebih besar. Karena di tempat itu jugalah Anda bisa membeli bibit jamur. Dan keuntungan lainnya dari usaha jamur adalah bibit jamur yang telah dibeli ini bisa lebih tahan lama walaupun tidak digunakan.

Dilihat dari pangsa pasar atau konsumennya, jamur tiram mempunyai banyak sekali penggemar. Karena mengkonsumsi jamur tiran secara rutin dapat menghancurkan sel-sel kanker. Jamur tiram juga memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga banyak dicari orang. Hampir semua orang menjadikan jamur tiram sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki banyak manfaat. Jamur tiram juga sering dicari konsumen kaum vegetarian, mereka menjadikan jamur tiram sebagai pengganti daging. Disamping konsumen dari rumahan, jamur tiram juga banyak dicari para pemilik restoran maupun usaha makanan yang menggunakan jamur tiram sebagai bahan utama usaha mereka. Karena tidak semua pengusaha kuliner jamur membudidayakan jamur tiram secara langsung, keterbatasan lahan membuat mereka lebih memilih untuk mencari pemasok jamur tiram.

Peluang usaha jamur tiram sangat terbuka lebar. Jenis jamur tiram yang paling diminati adalah jamur tiram putih. Jamur tiram putih bernama latin Pleurotus ostreatus ini masih tergolong baru di Indonesia. Di Indonesia budidaya jamur tiram mulai dirintis dan diperkenalkan kepada para petani terutama di Cisarua, Lembang, Jawa Barat pada tahun 1988, dan pada waktu itu petani dan pengusaha jamur tiram masih sangat sedikit. Sekitar tahun 1995, para petani di kawasan Cisarua, yang semula merupakan petani bunga, peternak ayam dan sapi mulai beralih menjadi petani jamur tiram meski masih dalam skala rumah tangga. Dalam perkembangannya, beberapa industri berskala rumah tangga bergabung hingga terbentuk CV dan memiliki badan hukum.

Jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) merupakan salah satu jamur kayu yang sangat baik untuk dikonsumsi manusia. Selain karena memiliki cita rasa yang khas, jamur tiram juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Jamur tiram mengandung protein sebanyak 19 – 35 % dari berat kering jamur, dan karbohidrat sebanyak 46,6 – 81,8 %. Selain itu jamur tiram mengandung tiamin atau vit. B1, riboflavin atau vit. B2, niasin, biotin serta beberapa garam mineral dari unsur-unsur Ca, P, Fe, Na, dan K dalam komposisi yang seimbang. Bila dibandingkan dengan daging ayam yang kandungan proteinnya 18,2 gram, lemaknya 25,0 gram, namun karbohidratnya 0,0 gram, maka kandungan gizi jamur masih lebih komplit sehingga tidak salah apabila dikatakan jamur merupakan bahan pangan masa depan. 

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS