November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Usaha di Rumah

By admin - Wed Jan 25, 4:49 pm

Peluang usaha di rumah bisa menjadi salah satu pilihan menguntungkan untuk memulai langkah pertama sebagai pengusaha. Peluang usaha di rumah bisa menjadi langkah awal untuk mendapatkan pencapaian yang tinggi. Kita ketahui banyak pengusaha sukses yang mengawali karirnya dari rumah. Dan banyak pula perusahaan besar yang awalnya dirintis dari rumah pendirinya. Memiliki usaha dari rumah akan menghemat investasi pada tempat atau lokasi. Karena tidak perlu menyewa dan tidak perlu membelinya. Kalaupun rumah kita masih ngontrak, rumah yang kita kontrak akan menjadi lebih produktif dan tidak sekadar ditempati untuk tidur semata.

Di era digital saat ini, peluang untuk membuka usaha dari rumah terbuka sangat lebar. Kita bisa membuka usaha penjualan barang maupun jasa lewat internet. Asal barang dan jasa yang kita jual banyak yang membutuhkan dan website yang kita buat bisa menjangkau calon pembeli, maka peluang mendulang uang lewat internet sangat terbuka. Tidak hanya bisnis melalui internet, bisnis tradisional atau konvensional-pun bisa dimulai dari rumah. Syukur-syukur rumah kita ada di tempat yang strategis, maka kita memiliki kesempatan besar untuk mendatangkan konsumen. Tapi bagaimana kalau lokasi rumah kita tidak strategis?

Peluang usaha di rumah juga masih bisa berfungsi di lokasi rumah yang tidak strategis sekalipun. Sebenarnya peluang untuk memiliki dan mengatur usaha dari rumah tetap ada. Berikut ini ada satu cerita yang mungkin bisa menginspirasi Anda dalam berbisnis.  Ia adalah seorang wanita yang memiliki bisnis yang sangat lumayan sebenarnya. Dan dia menjalankannya melalui rumah. Strategi yang ia pakai adalah konsinyasi, strategi yang mudah bukan? Kebetulan, dia memproduksi sendiri beberapa jenis gamis dan makanan ringan. Barang-barang yang ia buat, ia titipkan ke beberapa kios, toko, dan butik. Bahkan ia menitipkan penjualan makanan ringan ke beberapa pedagang kaki lima.

Tidak hanya barang buatan sendiri, setiap ada peluang dia juga menitipkan barang-barang yang dia beli dari produsen lainnya. Kuncinya di sini adalah networking dan kemauan untuk menjalin networking yang baru. Pada hari-hari tertentu dia keliling dari kios ke kios, dari toko ke toko, dari butik ke butik, dan dari PKL ke PKL lainnya untuk mengecek barang dagangannya, menagih bayaran untuk barang yang laku, dan menitipkan kembali barang-barang baru untuk mengganti yang sudah laku atau menukar dengan barang yang tidak laku. Dengan cara ini, dia bisa punya banyak toko tanpa perlu menyewa toko dan tanpa membeli toko. Ia pun bisa mengatur sendiri irama bisnisnya. Tertarik dengan ide bisnisnya? Mungkin Anda bisa mengaplikasikannya.

Peluang usaha di rumah akan sangat menguntungkan jika rumah Anda berada di dekat kampus. Kata laundry maupun rumah kost pasti telah sering Anda dengar bukan? Terlebih lagi dengan semakin banyaknya usaha laundry kiloan yang buka saat ini. Namun banyak juga orang yang berpikir bahwa untuk mendirikan sebuah usaha atau bisnis laundry pasti membutuhkan modal yang tidak sedikit. Sebenarnya tidaklah harus demikian. Karena Anda bisa mewujudkannya dengan sangat sederhana dan Andapun pasti bisa membuka sebuah usaha atau bisnis laundry terutama di lokasi yang banyak terdapat rumah kost.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu letak dari rumah tinggal pribadi disekitar rumah kost terutama yang membutuhkan penghasilan tambahan dari mencuci dan menyetrika pakaian. Anda kumpulkan berapa banyak stel pakaian yang sanggup dikerjakan oleh setiap orangnya setiap harinya. Untuk awalnya cukup Anda kumpulkan list nama dari orang-orang yang dapat mengerjakan 200 stel pakaian. Kemudian Anda melakukan survey tentang harga laundry baik laundry kiloan maupun laundry yang lain. Dimana tujuannya adalah untuk memutuskan harga yang bersaing dengan mereka. Setelah itu barulah Anda berkeliling ke rumah kost yang ada terutama yang tidak menyediakan jasa cuci dan setrika. Dengan harga yang bersaing dengan laundy kiloan pasti banyak mahasiswa/i serta karyawan dan karyawati yang lebih suka menyerahkan urusan cuci dan setrika baju mereka kepada Anda. Setelah itu yang anda perlu lakukan adalah membuat administrasinya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Peluang Usaha di Rumah