November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Usaha dari Limbah Cangkang Telur

By admin - Fri Nov 15, 4:22 pm

Limbah cangkang telur bagi sebagian besar orang merupakan limbah yang tidak berguna. Tapi sebaliknya bagi mereka yang jeli, maka limbah cangkang telur bisa mereka manfaatkan untuk menjadi peluang usaha yang menggiurkan dan bernilai lebih. Kerajinan dari limbah cangkang telur bukanlah hal yang baru lagi walaupun masih sedikit yang mau memberdayakan limbah yang satu ini. untuk memulai kerajinan dari limbah ini tidak membutuhkan modal yang besar, karena cangkang telur bisa didapar di lingkungan sekitar kita dengan mudah dan murah. Modal utama untuk mengerjakan peluang ini adalah kesabaran dan ketelatenan ekstra karena karakter cangkang telur yang mudah pecah.

Limbah cangkang telurCangkang telur bisa menjadi kerajinan yang bernilai tinggi dan unik. Kreativitas dan inovasi tidak boleh lepas dari Anda jika ingin memulai bisnis kerajinan ini. Jika Anda penggemar produk kerajinan dan ingin memulai bisnis ini, sebaiknya Anda memanfaatkan dan mengembangkan proses trial error dengan sebaik-baiknya. Memang masih sedikit produk dari cangkang telur yang ada di pasaran, tetapi bukan berarti Anda bisa bersantai-santai. Anda tetap harus memberikan nilai lebih pada produk Anda dan membuatnya sebagai produk yang berkarakter.

Limbah cangkang telur bisa disulap menjadi produk-produk kerajinan yang unik, seperti figura, vas bunga, lukisan, box tisuue, asbak maupun interior desain. Berbagai macam cangkang telur juga bisa Anda gunakan, seperti cangkang telur ayam, angsa, bebek dan lain sebagainya. Masing-masing cangkang telur ini mempunyai tekstur dan karakter warna yang berbeda-beda sehingga Anda harus tahu mana yang baik dan sesuai untuk produk ini dan mana yang cocok untuk itu. Ketelitian semacam ini akan meningkatkan nilai jual produk Anda. Pertama kali melakukan proses trial error, Anda bisa mengumpulkan cangkang telur dari tukang martabak yang mana seringkali hanya membuang cangkang telur yang digunakannya.

Untuk proses pemasaran, ada baiknya Anda memanfaatkan teknologi internet. Buatlah online store sehingga jangkauan usaha Anda lebih luas. Tawarkan produk berdasarkan pesanan, hal ini akan menarik minat lebih banyak calon konsumen. Selain mengembangkan pemasaran melalui internet, Anda juga sebaiknya bergerak dalam memasarkan produk melalui pameran yang diselenggarakan di kota Anda maupun di kota terdekat.

Limbah cangkang telur bukanlah usaha yang hanya berdiri dari pihak produsen saja. Anda harus melibatkan peran konsumen dalam pengembangan produk kerajinan Anda. caranya adalah dengan selalu meminta feedback, baik berupa kritik maupun saran. Setiap ada konsumen yang memesan produk dari Anda, sebaiknya perhatikan setiap detailnya dan apa yang dia inginkan. Dengan begitu produk yang akan Anda buat sesuai dengan keinginannya. Kepuasan terjamin, kualitas pun sangat memuaskan. Dari setiap konsumen yang merasa puas, maka Anda akan mendapatkan satu lagi kepercayaan dan kemungkinan konsumen datang akan lebih banyak lagi.

Seperti yang kita ketahui bahwa pemasaran dari mulut ke mulut adalah pemasaran yang sangat efektif. Jika satu konsumen puas dengan hasil produk Anda, maka dia akan menyebarkan informasi positif ke teman-temannya. Selamat berbisnis dengan bijak.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS