July 26 2014
  • 1
Jakarta, ID - 31 °CPartly Cloudy - Humidity: 66%
Advertisement

Peluang Usaha Dari Bisnis Investasi

By admin - Mon May 07, 4:45 pm

Bisnis investasi terbagi menjadi jangka pendek dan jangka panjang. Bisnis investasi ini tentu mempunyai tujuan untuk mendapatkan nilai tambah atau keuntungan di kemudian hari. Orang membeli sebidang tanah dengan harapan nantinya harga tanah tersebut menjadi lebih mahal. Orang menyimpan uangnya di bank dengan harapan mendapatkan bunga dari simpanannya itu. Secara umum, semua tindakan di atas dapat dikategorikan sebagai tindakan investasi.

Bisnis investasi

Bagi masyarakat modern, kata investasi tentu tidak asing lagi. Bisa jadi setiap hari kita mendengar kata itu. Sebab, semakin tinggi pendidikan seseorang semakin tidak bersedia membiarkan asetnya menjadi tidak berkembang dan untuk mengembangkan aset tersebutlah maka diperlukan investasi. Bagi sebagian masyarakat lainnya, barangkali telah melakukan investasi tetapi tidak menyadari­nya, seperti para petani dan peternak di pedesaan.

Bisnis investasi ini sebenarnya apa definisinya? Banyak pakar yang telah merumuskan definisi investasi ini. Sharpe et all (1993), misalnya, merumuskan investasi dengan pengertian berikut: mengorbankan aset yang dimiliki sekarang guna menda­patkan aset pada masa mendatang yang tentu saja dengan jumlah yang lebih besar. Sedang Jones (2004) mendefinisikan investasi sebagai komitmen menanamkan sejumlah dana pada satu atau lebih aset selama beberapa periode pada masa mendatang.

Definisi yang lebih lengkap diberikan oleh Reilly dan Brown, yang mengatakan bahwa investasi adalah komitmen mengikatkan aset saat ini untuk beberapa periode waktu ke masa depan guna mendapatkan penghasilan yang mampu mengkompensasi pengor­banan investor berupa:

  1. Keterikatan aset pada waktu tertentu
  2. Tingkat inflasi
  3. Ketidaktentuan penghasilan pada masa men­datang.

Dari definisi yang disampaikan ketiga pakar investasi tersebut kita bisa menarik pengertian investasi, bahwa untuk bisa melakukan suatu investasi harus ada unsur ketersediaan dana (aset) pada saat sekarang, kemudian komitmen mengikatkan dana tersebut pada obyek investasi (bisa tunggal atau portofolio) untuk beberapa pe­riode (untuk jangka panjang lebih dari satu tahun) di masa menda­tang. Selanjutnya, setelah periode yang diinginkan tersebut tercapai (jatuh tempo) barulah investor bisa mendapatkan kembali asetnya, tentu saja dalam jumlah yang lebih besar, guna mengkompensasi pengorbanan investor seperti yang diungkapkan Reilly dan Brown. Namun, tidak ada jaminan pada akhir periode yang ditentukan in­vestor pasti mendapati asetnya lebih besar dari saat memulai inves­tasi. lni terjadi karena selama periode waktu menunggu itu terda­pat kejadian yang menyimpang dari yang diharapkan. lnilah, yang disebut risiko. Dengan demikian, selain harus memiliki komitmen mengikatkan dananya, investor juga harus bersedia menanggung ri­siko.

Bisnis investasi yang ada di dunia digital atau internet juga bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang sangat menggiurkan. Misalnya kebutuhan sebuah website terhadap Index merupakan hal yang sangat penting. Untuk memenuhi kebutuhan Index sebuah Website ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dan faktor-faktor inilah yang menjadi satu peluang bisnis yang dapat kita ambil sebagai pilihan untuk memulai usaha dari internet. Salah satu factor utama adalah content. Content adalah Isi dari sebuah Website. Dalam membuat content yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Quantity (Jumlah). Jumlah Content suatu Website berpengaruh besar meningkatkan index sebuah Website terhadap Search Engine. Semakin banyak dan beragam content, maka akan semakin banyak situs tersebut terindex.
  2. Quality (Mutu). Tidak hanya banyak dan beragam, tapi juga bermutu. Adapun arti dari bermutu adalah, sesuatu yang paling atau sangat dicari oleh orang. Salah satu kriteria untuk memenuhi mutu content adalah “Kata Kunci”. Kata kunci merupakan inti dari sebuah content.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement