December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Usaha Catering Rumahan

By admin - Mon Jun 18, 5:04 pm

Usaha catering rumahan bisa Anda jalankan dengan modal utama kemampuan mengolah masakan. Usaha catering rumahan ini bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal apabila Anda serius menjalankannya. Apabila Anda mempunyai passion atau hobi di dunia kuliner, Anda bisa menjalankan usaha ini dengan sepenuh hati dan menghasilkan banyak uang. Usaha catering merupakan usaha yang tidak ada matinya karena kita bergelut pada usaha kebutuhan pokok. Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa ditinggalkan. Terlebih ketika mereka mengadakan acara, misalnya acara pesta, pernikaha, ulang tahun, dan lain sebagainya. Mereka pasti membutuhkan jasa catering yang akan membantu mensukseskan berlangsungnya acara tersebut.

Usaha catering rumahan

Tapi apakah target market catering hanya sebatas pesta saja? Tentu saja tidak, karena para penghuni kos maupun para karyawan juga membutuhkan jasa catering. Karena mereka biasanya menginginkan sesuatu yang praktis dan cepat. Dengan melihat kebutuhan ini, maka Anda juga harus pintar dalam melihat peluang yang ada. Anda tidak boleh menyama-ratakan kebutuhan makanan pada pesta dan anak kos. Karena tentu saja berbeda. Jika makanan untuk pesta haruslah special dan berkesan dilidah para tamu, sedangkan untuk karyawan atau anak kos cukup dengan menu istimewa yang nyaman di lidah dan di kantong untuk sehari-hari.

Usaha catering rumahan ini cocok dijalankan oleh Ibu-Ibu yang pintar memasak, mengerti selera dan jenis-jenis makanan yang sedang digemari oleh para konsumen yang dijadikan sebagai target market. Jadi, dengan usaha ini, Anda tidak perlu berlama-lama meninggalkan rumah dan Anda bisa menjadi bos sehingga bisa menentukan jam kerja dan berbagai peraturan dalam bisnis, dan juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Setelah Anda menetapkan target market Anda, Anda harus mulai mengumpulkan resep-resep yang bisa Anda promosikan untuk menu special maupun menu harian.

Setelah itu, Anda juga harus mempersiapkan diri sendiri. Mental wirausaha harus ditanamkan di dalam diri Anda. Anda tidak boleh ragu dalam menjalani bisnis ini. Walaupun nantinya pasti ada tantangan dan rintangan, pastikan Anda berhasil menaklukannya. Hilangkan rasa malu, takut gagal dan keraguan dalam diri Anda. Setelah Anda mampu mengatasi masalah psikologis, saatnya Anda juga mempersiapkan operasional. Beberapa masalah teknis yang menyangkut dunia bisnis catering harus Anda persiapkan sejak awal, mulai dengan menghitung kemampuan diri, keterampilan diri, dan lain sebagainya. Pastikan Anda bisa memimpin dan mengatur jalannya usaha, terlebih jika nantinya Anda berniat merekrut asisten untuk membantu Anda di dapur.

Usaha catering rumahan pastinya selalu berhubungan dengan dunia masak-memasak. Berburulah buku-buku resep kuliner dari berbagai macam masakan di Nusantara maupun mancara Negara. Untuk permodalan, untuk sementara waktu, Anda bisa memanfaatkan peralatan dapur Anda, dengan beberapa tambahan alat yang tidak Anda miliki sebelumnya. Untuk melakukan pemasaran, Anda bisa melakukan beberapa strategi berikut ini:

  1. Melakukan promosi via internet. Jangan lupa untuk menyertakan kelebihan produk Anda dalam website.
  2. Menyediakan kartu nama.
  3. Label. Di dalam label, sertakan nama, alamat dan nomor telepon usaha Anda di setiap kemasan produk, misalnya tissue, kardus, plastic, dan lain sebagainya.
  4. Media massa local. Anda bisa beriklan di radio local maupun Koran local.
  5. Dari mulut ke mulut. Pertama kali, Anda bisa menawarkan jasa ini kepada keluarga, tetangga maupun rekan Anda.

Untuk sukses di bidang ini, jangan sepelekan masalah kualitas bahan baku dan kebersihan masakan Anda dan juga peralatan. Pastikan Anda tidak menggunakan bahan baku yang bisa membahayakan kesehatan, misalnya zat pengawet, zat pewarna, dan lain sebagainya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS