November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Usaha Bisnis

By admin - Wed Jan 18, 3:46 pm

Peluang usaha bisnis bisa didapat dengan modal kecil maupun besar, dengan cara rumahan maupun membuka kios besar asalkan ada kemauan kuat dari Anda. Peluang usaha bisnis rumahan sedang menjadi tren sekarang. Coba Anda lihat saja, berapa banyak teman yang saat ini mulai merintis usaha rumahan. Atau malah Anda sendiri sudah memilikinya? Jika belum punya, ada baiknya menyimak dulu plus-minusnya punya usaha rumahan.

Plus-minus usaha jenis ini bisa menjadi panduan untuk Anda untuk menjalankan dan mengembangkan usaha Anda sendiri dengan meminimalisir factor minusnya. Berikut adalah plus-minusnya:

  1. Perlu tenaga ekstra untuk memperkenalkan dan memasarkan produk barang atau jasa Anda. Juga butuh kesabaran tinggi untuk menghadapai berbagai kemungkinan yang akan terjadi.
  2. Menumbuhkan kreativitas dan semangat kompetitif karena harus bersaing dengan usaha sejenis yang sudah ada terlebih dahulu di pasar.
  3. Memiliki kepuasan tersendiri, meski terkadang usaha yang dipilih tidak berjalan sesuai rencana. Sebab, usaha rumahan tak selalu mendatangkan untung secara finansial tapi juga memberikan wadah sebagai ajang aktualisasi diri.
  4. Memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga karena dapat dijalankan di tempat dengan waktu yang sangat fleksibel. Terlebih jika cara penjualannya memanfaatkan internet seperti blog atau situs jejaring sosial.
  5. Menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi orang lain.
  6. Menambah pemasukan keluarga. Bila usaha ini sukses, tidak menutup kemungkinan suatu saat usaha Anda bisa menjadi sumber pemasukan utama.

Peluang usaha bisnis yang dilakukan secara rumahan memang sudah menjadi tren di kalangan masyarakat. Tetapi tahukah Anda bahwa usaha jenis ini juga merupakan impian bagi sebagian besar orang untuk merasakan kebebasan untuk lebih dekat dengan keluarga. Fleksibilitas itulah yang bisa Anda dapatkan dengan usaha rumahan ini. Usaha rumahan juga bisa Anda lakukan pada saat Anda masih bekerja di kantor. Namun Ada beberapa tips menjalankan peluang usaha rumahan yang harus Anda ketahui:

  1. Memilih usaha rumahan yang fleksibel. Ini menyangkut waktu dimana Anda bisa menyesuaikannya, baik itu pada saat jam kantor ataupun setelah pulang kerja. Misalnya sore hari atau akhir pekan.
  2. Usaha ini akan memerlukan waktu ekstra pada saat Anda memulainya, itu berarti Anda harus siap untuk kehilangan saat bersama keluarga hingga keadaan usaha rumahan Anda mulai stabil.
  3. Selalu lakukan pembagian tugas dengan anggota keluarga Anda. Dan jangan lupa untuk memberikan deskripsi untuk tugas-tugas tersebut dan upah untuk hasil kerjanya.
  4. Merekrut Karyawan baru pada saat Usaha rumahan Anda mulai berkembang. dan bersiap-siap untuk meninggalkan pekerjaan kantor Anda dan menjadi seoran pengusaha sukses

Salah satu contoh peluang usaha yang patut Anda coba adalah pembungkusan hadiah. Tentu saja jika Anda termasuk rapi dan suka membuat bentuk-bentuk lucu dengan kertas. Tidak ada salahnya bila Anda mulai membuka usaha pembungkusan hadiah di rumah. Berbagai bentuk khusus desain Anda sendiri bisa dijadikan sebagai ‘bungkus’ hadiah untuk berbagai perayaan seperti ulang tahun, kelahiran bayi dan lain sebagainya. Selain menjual pembungkusnya, Anda juga dapat menyediakan berbagai jenis hadiah berupa coklat buatan Anda sendiri maupun kue-kue kering. Untuk menjalankan bisnis seperti ini, selain tempat, Anda juga akan membutuhkan komputer, printer, scanner serta program komputer seperti Adobe Photoshop atau Corel Draw untuk memberikan sentuhan pribadi pada pembungkus yang dijual. Foto pribadi si pemberi hadiah bisa disertakan dengan cara memindai fotonya. Jangan lupa untuk bekerja sama dengan pemasok kertas bermutu baik.

Peluang usaha bisnis juga bisa dilakukan dengan membuka jasa penterjemah. Menerjemahkan tulisan dari suatu bahasa ke bahasa lain memang membutuhkan keterampilan tersendiri. Kemahiran dalam berbahasa sudah tentu menjadi andalan pekerjaan ini. Selain tata bahasa yang benar, perlu juga mengetahui bahasa pergaulan yang sering dipergunakan agar hasil yang didapat tak terlalu kaku.

Bila ingin melakukan pekerjaan ini dari rumah, Anda membutuhkan komputer, printer dan program yang akan membatu untuk mengoreksi kata yang salah maupun arti yang sulit dicari dari kamus tertulis. Namun, bagi Anda yang sangat berkeinginan berpofersi sebagai Penerjemah lepas (freelance translator) ini, tapi belum memiliki bekal cukup. Anda menggunakan alat bantu penerjemah seperti translate.google.co.id dsb, sebagai media bantuan Anda. Tentunya dengan sedikit perbaikan grammar di sana-sini.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Peluang Usaha Bisnis